Kamis, 28 Maret 2024

Ribuan Wisman Singapura Nikmati Penampilan Band Wali di Batam

Berita Terkait

Vokalsi Wali Band, Farhan Zainal Muttaqin menghibur 1.200 turis asal Singapura di gedung Sumatra Expo, Batamcentre, Sabtu (29/4). Wali Band khusus diundang oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Dispar Provinsi Kepri dan Dispar Kota Batam ke Batam untuk menghibur para turis dengan tema Wonderful Indonesia. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kementerian Pariwisata menggandeng travel Singapura dalam menyukseskan acara Wonderful Indonesia melalui mini konser band asal ibu kota Wali, bertempat di Gedung Sumatera Expo, Sabtu (29/4).

Kepala Bidang Wisata Buatan Kementerian Pariwisata, Putu Gayatri mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu upaya Kemenpar dalam meningkatkan kunjungan wisata, khususnya daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

“Program crossborder ini memang menitik beratkan kepada kunjungan wisman,” kata dia.

Sebelumnya, pihak Kemenpar dan travel di Singapura telah melakukan survei, dan hasilnya mereka ingin menyaksikan grup band Wali.

Jadi, agen travel menjual paket wisata untuk menonton grup band Wali hingga menginap di Batam. “Saya rasa ini cukup efektif, terbukti dari target 650 yang datang mencapai seribu wisman,” kata Putu.

Kemenpar sendiri memang menaruh harapan yang besar terhadap Kepulauan Riau yang merupakan penyumbang nomor tiga wisatawan ke Indonesia.

“Ada Bintan, Karimun, dan Batam yang menjadi daerah berbatasan langsung dengan negara luar. Ini yang tengah kami gencarkan untuk meningkatkan jumlah kunjungannya,” terang perempuan asal Bali ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepualauan Riau, Buralimar mengatakan event yang digelar ini tentunya memberikan dampak positif terhadap jumlah kunjungan wisata di Batam.

“Seperti hari ini, terdapat tujuh agen travel yang menjual paket nonton Wali Band di Batam, dan berhasil mendatangkan seribu wisman dan mereka hafal lagu dan terhibur dengan penampilan Wali,” ujarnya.

Dia berharap akan ada paket wisata yang bisa digarap antara Kemenpar dan travel asal Singapura, sehingga semakin banyak lagi wisman yang datang ke Batam.

“Banyak momen dan ini yang tengah kami coba manfaatkan,” tutupnya.(cr17)

Update