Kamis, 28 Maret 2024

Baznas Kumpulkan Dana Zakat Rp 701 Juta

Berita Terkait

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyerahkan bantuan dana zakat secara simbolis kepada penerimanya di Masjid Al Sakinah, Bintan Center, Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu (30/4). F.Humas Pemko Tanjungpinang untuk batampos..

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanjungpinang menyerahkan dana zakat kepada 74 penerima (mustahiq) di Masjid Al Sakinah, Bintan Center, Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Minggu (30/4). Penyerahan dana zakat periode pertama itu dilakukan secara seremonial oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Lis mengatakan bantuan dana yang diberikan Baznas ini berasal dari pezakat (muzaki) se Kota Tanjungpinang pada 2016 lalu. Namun untuk pembagiannya akan dilakukan dalam beberapa tahap atau periode. Khusus untuk periode pertama yang berhak mendapatkannya sebanyak 74 orang.

“Dana yang terkumpul sepanjang 2016 sebesar Rp 701 juta. Kesemua dana itu akan diberikan kepada penerima yang berhak. Namun akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Dengan terkumpulnya dana zakat sebesar Rp 701 juta ini, kata Lis membuktikan adanya peningkatan pembayar zakat sebesar Rp 501 juta dari 2015 lalu yang hanya terkumpul Rp 200 juta.

Kenaikan itu, lanjut Lis akan berdampak juga pada peningkatan penerimanya. Diharapkan dana itu dapat dipergunakan atau dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari maupun sebagai modal usaha.

“Jika bisa gunakanlah dana itu untuk mengapai keinginan penerima selama ini. Yang penting berikhtiarlah agar usaha yang dilakukan bisa terwujud,” katanya.

Ketua Baznas Kota Tanjungpinang, Muqtafin mengaku dana yang berhasil dikumpulkan dari pezakat di Kota Tanjungpinang terus meningkat setiap tahunnya. Begitu juga penerima dana zakat tersebut akan mengalami penambahan.

“Untuk priode pertama ini kami serahkan dana zakat kepada 74 penerima. Selebihnya akan diberikan kepada periode selanjutnya,” sebutnya.

Mutaqin menambahkan jika Baznas Tanjungpinang menargetkan 2017 ini dana yang dikumpulkan bisa mencapai Rp900 juta. Agar target itu tercapai, dihimbau kepada masyarakat muslim dikota ini untuk menyalurkan kewajibannya membayar zakat, infak dan sadakah.

“Jika target itu tercapai kami yakin masyarakat fakir di Tanjungpinang akan terbantu semuanya. Jadi kami harapkan masyarakat muslim salurkan kewajibannya ke baznas,” ungkapnya. (ary)

Update