Jumat, 29 Maret 2024

Dua Nelayan Vietnam Tahanan Kejaksaan Kabur

Berita Terkait

batampos.co.id – Dua nelayan asing kewarganegaraan Vietnam yang menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Ranai kabur, Kamis (27/4) kemarin. Hingga saat ini keduanya belum ditemukan. Diduga nelayan Vietnam tersebut kabur menggunakan kapal pompong nelayan.

Kajari Natuna Afrianto membenarkan, dua nelayan asing asal negara Vietnam yang kabur adalah tahanan dari Kacabjari Anambas akan mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Ranai.

“Kami masih melakukan usaha pencarian,” ujar Afrianto, Minggu (30/4).

Dua nelayan Vietnam yang melarikan diri adalah Huang Annh Chrong merupakan nakhoda kapal BTH 98996. TS dan Truong Van Tjom nahoda BD 95244 TS. Mereka diduga kabur gunakan pompong nelayan, pasalnya pada hari yang sama, sebuah pompong milik Izhar hilang di sungai kampung Air Kolek Ranai.

Izhar mengaku, ia mendapati pompongnya hilang sekitar pukul 07.00 WIB yang ditambat di sungai. Rencananya ia akan menguras air di dalam pompongnya. Setelah dicari bersama rekan nelayan, namun tidak menemukannya.

Akhirnya, Izhar melaporkan kehilangan ke Lanal Ranai, karena curiga dibawa kabur nelayan Vietnam yang dikabarkan melarikan diri dari Kejaksaan Negeri Ranai. Dan didekat pompong ditemukan sepeda motor yang digunakan nelayan Vietnam. Kaburnya dua nelayan Vietnam tersebut, kini sedang dilakukan pengejaran, baik dari Kepolisian, Lanal Ranai dan Kejaksaan.

“Nelayan diketahui hilang sekitar pukul 20.00 WIB Kamis kemarin,” kata Afrianto.(arn)

Update