Jumat, 19 April 2024

Imigrasi Wacanakan E-Manifes, Tanpa Antri Dan Menunggu

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

batampos.co.id – Kantor Imigrasi kelas I khusus Batam akan bekerjasama dengan pihak Singapura dalam perlintasan warga negara kedua belah pihak. Dimana akan diwacanakan diberlakukannya E-Manifes. Sehingga kedua warga negara saat saling berkunjung, tak lagi mengantri di loket-loket imigrasi setempat.

“Kemarin saat saya berkunjung ke Singapura, ada rencana seperti itu,” kata Kepala Kantor Imigrasi kelas I khusus Batam, Teguh Prayitno, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya E-Manifes ini dapat mempermudah kunjungan warga negera Indonsia ke Singapura atau sebalaiknya. Sebelumnya banyaknya keluhan dari WNI ke Singapura harus menunggu lama dan mengantri saat memasuki Singapura.

Kadang setelah mengantri lama, WNI juga harus melalui pemeriksaan yang memakan waktu tak kalah lamanya. Sehingga hal ini membuat pihak Imigrasi mencetuskan ide E-Manifes.

Secara umum, Teguh menjelaskan bahwa E-Manifes ini adalah saat penumpang dari Batam menuju ke Singapura. Pihak imigrasi Batam, sudah mengirimkan data-data penumpang yang menaiki kapal yang akan berlayar tersebut. Sehingga pihak Singapura sudah mengetahui siapa saja yang berada di kapal tersebut.

“Bila ada orang-orang yang berada dalam daftar cekal atau bermasalah, maka pihak Singapura tinggal langsung mengamakannya. Tanpa harus membuat warga lainnya mengantri, begitu juga sebaliknya. Kita juga akan tau, siapa saja yang masuk Batam dari Singapura,” tutur Teguh.

Mengenai E-Manifes ini, Teguh mengatakan masih dalam proses penyempuraan pihaknya. Dimana nantinya bila kedua belah pihak, maka akan membuat MoU.

“Bila sudah ok, nanti pak Dirjen yang datang langsung,” tuturnya.

Seperti yang sudah diketahui, arus perlintasan Singapura Batam atau Batam Singapura cukup padat. Di Indonesia, tak hanya warga Batam saja yang menyeberang ke Singapura. Tapi warga daerah lainnya, memafaatkan kedekatan kedua wilayah untuk bisa melancong atau berkunjung ke Singapura. (ska)

Update