Kamis, 25 April 2024

Tiap Bulan Selalu Ada Penderita Kanker

Berita Terkait

batampos.co.id – Penderita kanker di Kepulauan Riau mengalami tren yang terus meningkat sejak 2016. Catatan yang terangkum oleh RSUP Kepri Raja Ahmad Thabib, disebutkan bahwa tiap bulannya selalu menerima antara satu sampai tiga pasien penderita kanker.
Menyadari tingginya angka penderita kanker di Kepri, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kepri bekerja sama dengan RSUP Raja Ahmad Thabib menggelar seminar dan papsmear dan IVA untuk kanker serviks.
“Menjaga kesehatan, merupakan investasi sebenarnya,” ujar Ketua Seksi Pendidikan YKI Kepri, dr. Supartini membuka seminar bertajuk kanker, Jumat (28/4) pagi kemarin.
Atas dasar tersebut, YKI dalam dua sesi seminarnya, mengajak 250 orang tenaga kesehatan dari Tanjungpinang dan Bintan untuk turut serta pada seminar yang tidak dipungut biaya ini.
“Tenaga kesehatan dari kebidanan dan juga puskesmas ini merupakan garda terdepan. Yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” terang Ketua Panitia Seminar Kanker, dr. Asep Guntur.
Sehingga diharapkan para tenaga kesehatan di puskesmas dan kebidanan, dapat langsung mengarahkan pasien teridentifikasi kanker ke rumah sakit. Berhubung hingga kini masih banyak didiapati kasus, penderita kanker yang baru mendatangi rumah sakit saat sudah memasuki stadium lanjut.
“Kalau masih di awal harapan hidup pun akan lebih panjang. Maka itu adanya benjolan sekecil apa pun langsung konsultasi ke fasikutas kesehatan segera mungkin untuk memastikan apakah bahaya atau tidak,” tutur dr Asep.
Selain untuk menyegarkan kembali edukasi mengenai kanker kepada para tenaga kesehatan ini, YKI Kepri mengharapkan para tenaga kesehatan ini menularkan edukasi kepada para masyarakat di sekitarnya. “Dan langsung diarahkan ke rumah dakit untuk perawatan lebih lanjut,” tutup dia. (aya)

Update