batampos.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Junaidi Adjam menyampaikan target yang telah dicapai Kabupaten Tanah Bunda Melayu dalam hal peraihan Adipura Buana telah berjalan hingga 80 persen. Jika beruntung, pada Mei tahun ini, Bupati Lingga akan dipanggil Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan RI di Jakarta untuk memberikan presentasi terhadap pencapaian kebersihan dan kesehatan di Kabupaten Lingga.

“Tidak semua daerah yang di panggil untuk presentasi,” ujar Junaidi kepada Batam Pos yang ditemui saat membersihkan Jalan Perusahaan, Dabo Singkep, Minggu (30/4) pagi.

Junaidi menambahkan, hingga saat ini pencapaian Kabupaten Lingga dalam hal peraihan Adipura Buana telah mencapai 80 persen keberhasilan. Pasalnya, Junaidi menyampaikan seluruh persyaratan dan indikator penilaian keseluruhannya masuk dalam kreteria penilaian dan terpenuhi.

Hal tersebut diketahui Junaidi setelah kunjungan tim ferivikasi dan Tim juri belum lama ini. Mereka meninjau sebanyak 40 titik pantau dari perkotaan hingga kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) di Singkep Barat.

Sedangkan dua indikator yang sangat berat dan sulit yakni kebersihan dan pengolahan sampah telah dipenuhi Pemkab Lingga sehingga seluruh indikator penilaian masuk karegori dan telah terpenuhi. Indikator kenersihan yakni perkotaan dan perkantoran termasuk dalam kategori bersih.

Indikator lainnya yakni pengolahan sampah, Kabupaten Lingga khususnya Dabo Singkep juga telah memiliki TPA yang baik, bank sampah serta tempat pengolahan sampah dengan skala rius, riduse dan ricikle.

“Intinya semua telah terpenuhi dan tim juti telah memantau seluruh indikator yang memastikan Lingga masuk dalam kreteria kota peraih Adipura Buana,” ujar Junaidi.

Namun lebih jauh lagi, Junaidi menginginkan agar seluruh kegiatan yang telah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup bersama dinas lainnya dan masyarakat tidak hanya berhenti pada kegiatan peraihan adipura saja. Menurutnya yang utama adalah daerah yang bersih dan sehat untuk menjadikan masyarakat yang lebih baik lagi.

“Setiap insidentil kami tetap akan turun kelapangan membersihkan kawasan kota dan sekitarnya,” kata Junaidi. (wsa)

Respon Anda?

komentar