Jumat, 29 Maret 2024

Apri Targetkan 2019 Bandara Tambelan Beroperasi

Berita Terkait

Bandara Tambelan ini pengerjaannya sudah 60 persen, target 2019 bandara sudah bisa beroperasi. F. batampos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi, memastikan Bandara Tambelan, yang sedang digesa pembangunannya bisa segera beroperasi pada tahun 2019 mendatang.

Pasalnya pengerjaan proyek akses transportasi udara yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ini sudah berjalan 60 persen.

“Insyaallah tahun 2019 bandara ini bisa langsung beroperasi. Kami sudah lihat progres pembangunannya sangat baik. Dimana landasan pacu (RunWay) sepanjang 1200 meter sudah diaspal.Tinggal melakukan pemotongan lagi untuk pembentukan, serta melapis aspal kedua supaya kuat,” jelas Apri, saat meninjau langsung pembangunan Bandara di Kecamatan Tambelan, Minggu (30/4) lalu.

Apri menjelaskan untuk realisasi pembangunan bandara pada tahap satu ini sudah menelan anggaran biaya sebesar Rp 67 Miliar. Dan ini akan dilanjutkan dengan anggaran tahap kedua yang ditargetkan akan turun pada tahun 2018, mendatang sebesar Rp 100 Miliar.

“Ini akan menjadi fokus utama kami untuk mengawasi pembangunan bandara ini. Agar bisa segera selesai. Untuk itu, kami akan terus berkoordinasi dengan pusat agar anggaran bisa secepatnya tersalurkan dari total keseluruhan biaya yang diperkirakan sebanyak Rp 200 Miliar,” terangnya.

Politisi partai Demokrat ini menuturkan pembangunan bandara ini merupakan fokus utama dari Pemkab Bintan. Sebab dengan adanya bandara tersebut, tentu akan mendukung untuk kemudahan transportasi yang bisa diakses bagi masyarakat Bintan maupun pendatang luar daerah.

“Harapannya bandara ini bisa menjadi salah satu akses terbaik yang nantinya dapat mempermudah siapa pun yang ingin berkunjung ke Tambelan. Serta sebagai pendukung untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bintan,” ungkapnya.

Tak hanya Bandara, lanjut Apri saat ini akses transportasi laut berupa Pelabuhan Roro di Kecamatan Tambelan juga sudah selesai pengerjaannya. Tentu ini akan menjadi salah satu pendukung dalam memajukan perekonomian Bintan.

“Alhamdullillah Tambelan pun kini sudah memiliki akses baru transportasi laut. Tapi saat ini masih dalam tahap pemeliharaan. Kami perkirakan awal tahun 2018 sudah bisa beroperasi. Kita tunggu saja penyerahan asetnya nanti,” imbuhnya. (cr20)

Update