Jumat, 29 Maret 2024

Cuaca Batam Cenderung Berubah-Ubah

Berita Terkait

ilustrasi Foto: Bambang Irawan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Stasiun Meterorologi Hang Nadim memperkirakan dalam beberapa waktu ke depan cuaca di Batam cenderung berubah-ubah setiap saatnya. Sehingga masyarakat diminta selalu berhati-hati bila saat berkendara atau berada di luar rumah.

“Kadang panas, lalu tiba-tiba hujan,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, Senin (1/5).

Kadang saat hujan lebat ini, disertai angin kencang dan petir. Dan hal ini yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Bila petir terjadi, sebaiknya warga Batam untuk tidak berada di luar rumah atau berada di lapangan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk besok, kata Philip diperkirakan akan terjadi hujan ringan hingga sedang. Potensi ini cukup besar, mengingat adanya perlambatan angin serta tingginya kelembapan udara di sekitar wilayah Batam. Dan hal ini mendukung terjadinya petumbuhan awan-awan commullus nimbus.

“Hujannya disertai petir juga,” tuturnya.

Namun walau begitu, Philip mengatakan kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas moda trasnportasi laut, darat dan udara. Tapi ia menghimbau saat hujan lebat, akan terjadi penurunan jadara pandang, dan dilaut terjadi naiknya gelombang.

“Selalu waspada saja,” ucapnya. (ska)

Update