Jumat, 29 Maret 2024

Pak Walikota..Kapan Jalan Marina Diperbaiki

Berita Terkait

Jalan di kawasan MArina yang rusak berat akibat tak kunjung diperbaiki. Di musim hujan seperti saat ini kerusakan kian parah dan mengganggu aktivitas warga. Foto: Eusebius Sara/Batam Pos

batampos.co.id – Wacana Pemerintah Provinsi Kepri untuk melebarkan dan memperbaiki jalur jalan Marina City sangat dinantikan warga. Jalan menuju kawasan wisata terpadu Marina hingga ke Tanjungriau, Sekupang, itu dalam kondisi rusak parah.

Hujan yang terus mengguyur Batam belakangan menyebabkan jalan rusak semakin bertambah banyak. Lubang lama kian bertambah dalam dan lebar, begitu juga lubang baru bermunculan di sepanjang jalan tersebut.

Jalan depan simpang Perumahan Permata Laguna, misalkan kini sudah di kelilingi dengan lubang yang cukup dalam. Padahal sebelumnya jalan tersebut mulus. Intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan jalan jadi rusak sebab lokasi tersebut daerah resapan air. Air yang genang setiap hari menyebabkan aspal jalan jadi terangkat karena padatnya arus lalu lintas. Jalan jadi berlubang dan kian bertambah besar setiap hari. Panjang jalan yang rusak sekitar delapan meter dan seluruh badan jalan sudah tak beraspal lagi.

Jalan tersebut menjadi ancaman serius bagi pengendara sebab berada di lokasi persimpang masuk perumahan. Tidak sedikit kendaraan yang terlibat tabrakan ataupun jatuh di jalan berlubang itu. “Semenjak musim hujan inilah rusaknya dan sudah banyak korban. Kasian ibu-ibu (pengendara sepeda motor) sering jatuh di sini,” ujar Hendra, seorang warga, Senin (1/5/2017).

Kondisi yang sama juga terjadi di simpang Perumahan Jupiter dan depan Perumahan Devin Premier Marina. Seluruh badan jalan di titik-titik tersebut nyaris tak ada aspal lagi. Lubang dengan kedalaman mencapai 30 cm cukup mengancam keselamatan pengguna jalan. “Kalau hujan dan jalanan ini terendam banjir, pasti banyak yang jatuh karena terjebak dalam lubang. Air sudah rata dengan jalan jadi orang nggak tahu kalau ada lubang di dalamnya,” kata Sofyan, warga di depan perumahan Jupiter, kemarin.

Warga berharap agar pemerintah segera merealisasikan wacana perbaikan dan pelebaran jalan tersebut. “Ruli dan kios di pinggir jalan sudah ditertibkan. Katanya mau pelebaran jalan. Kami berharap agar itu secepatnya terwujud,” ujar Sofyan lagi.

Belum lama ini Tim Terpadu Kota Batam memang sudah menertibkan bangunan liar di sepanjang jalan tersebut. Kasi Trantib Satpol PP Kota Batam Imam Tohari mengatakan, penertiban itu untuk mendukung wacana Pemprov Kepri untuk pelebaran jalan tersebut. “Iya mau ada pelebaran jalan makanya ditertibkan,” ujar Imam.

Imam juga belum memastikan kapan proyek pelebaran jalan tersebut akan dimulai sebab masih fokus penertiban bangunan liar. (eja)

Update