Atasi Banjir, Parit Pasar Melayu Dikeruk

267
Alat berat sedang melakukan normalisasi draianse yang ada di depan Ruko Pasar Melayu jalan Brigjen Katamso, Batuaji, Kamis (4/5). Drainase ini sering banjir bila hujan datang sampai ke badan jalan. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Tim gabungan dari Dinas Bina Marga dan Kecamatan terus kebut menormalisasi saluran drainase di lokasi rawan banjir di wilayah Batuaji dan Sagulung. Terakhir tim gabungan mengorek endapan sampah dan tanah yang menutupi saluran drainase depan pasar Melayu Batuaji, Kamis (4/5/2017).

Jalan Raya R Suprapto depan pasar Melayu memang selama ini merupakan daerah langganan banjir. Setiap hujan jalanan tersebut selalu digenangi banjir dengan kedalaman hingga selutut orang dewasa. Arus lalu lintas pasti lumpuh total jika banjir sudah menggenangi jalan.

Pantauan di lapangan, saat alat berat beko dari Dinas Bina Marga mengeruk saluran drainase itu, tumpukan sampah dan tanah yang dikeruk cukup banyak dan membukit di pinggir drainase. Operator alat berat terlihat cukup kesulitan membersihkan tumpukan sampah dan tanah dari dalam drainase tersebut. Drainase yang lebarnya mencapai enam meter dengan kedalam sekitar empat meter cukup kesulitan bagi petugas di lapangan.

Camat Batuaji Frid Kalter menuturkan, normalisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari program normalisasi drainase yang gencar dilakukan Pemko Batam selama ini.

“Itu termasuk salah satu titik jalan rawan banjir, makanya normalisasi juga fokus ke sana. Minggu kemarin di sekitar MKGR, minggu ini masuk ke daerah pasar Melayu. Targetnya tuntas sampai ke Sagulung,” ujar Frid. (eja)

Respon Anda?

komentar