Jumat, 29 Maret 2024

Jangan Ada Penumpukan Sembako

Berita Terkait

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Rabu (3/5) di Semarang.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun berpesan agar pengusaha tidak melakukan penumpukan sembako dan barang lainnya dengan tujuan untuk mencari keuntungan besar. Apalagi menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini.

“Saya akan awasi secara ketat. Saya harap tidak ada yang melakukan penumpukan sembako dan barang kebutuhan pokok lainnya,” kata Nurdin usai menerima Penghargaan Peduli Konsumen di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5).

Gubernur mengatakan, dia akan sering turun ke lapangan untuk memastikan pasokan sembako benar-benar aman. Jika benar-benar ada kendala, dia segera mencari solusi.

“Kalau pasokan aman dan lancar, harga pasti stabil,” kata Nurdin.

Selain itu, Nurdin juga mengajak seluruh instansi terkait di kabupaten kota untuk melakukan pengawasan terhadap harga kebutuhan.

Dalam kesempat tersebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito juga menyebutkan dia akan berupaya agar harga sembako menjelang puasa dan lebaran sangat stabil dan tidak melonjak harganya.

Enggartiasto Lukito pada kesempatan itu memang menyerahkan Penghargaan Peduli Perlindungan Konsumen kepada Nurdin Basirun. Dalam sambutannya, Enggartiasto mengharapkan semua pihak, termasuk pemerintah daerah untuk menjaga konsumen. Caranya, jangan sampai barang yang masuk ke Indonesia tidak diawasi dengan teliti. Barang-barang yang beredar juga harus sesuai dengan aturan Indonesia.

Enggartiasto juga mengajak bangsa Indonesia untuk mencintai produk dalam. “Jadilah barang indonesia sebagai kebanggaan kita,” tambahnya.

Begitu juga jika berada di luar negeri, sambung menteri, jika ketemu produk Indonesia saat belanja, hendaknya dibeli saja.

“Produk Indonesia yang diekspor keluar negeri cukup banyak, beli aja jika ketemu di toko di luar negeri,” tegasnya.

 

Pada pembukaan tersebut, Menteri mengajak Gubernur Nurdin untuk memukul gong tanda dimulainya hari konsumen nasional 2017. Usai pembukaan, Menteri dan Gubernur melakukan peninjauan stand. (bni)

Update