Selasa, 19 Maret 2024

Perjalanan Dinas Luar Negeri Disorot

Berita Terkait

batampos.co.id – Akademisi Politeknik Negeri Batam, Zainuddin turut menyoroti rencana perjalanan dinas keluar negeri yang akan dilakukan sejumlah pejabat Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Kepri bersama beberapa Anggota Komisi IV DPRD Kepri. Menurutnya meskipun skala prioritas, jumlah yang berangkat cukup perwakilan saja.

“Pemerintah pusat sudah mengintruksikan, supaya pemerintah daerah melakukan efisiensi anggaran. Karena kondisi keuangan negara sedang tidak stabil,” ujar Zainuddin menjawab pertanyaan Batam Pos, Rabu (3/5).

Dilakukannya fungsi pengawasan anggaran, pengawasan kegiatan, dan budgeting berada ditangan DPRD tentunya. Masih kata Zainuddin, kebiasaan buruk para wakil rakyat adalah berbondong-bondong melakukan perjalanan dinas keluar negeri. Sementara kondisi sosial ekonomi masyarakat tidak diperhatikan.

“Terkadang ego seperti ini yang menimbulkan reaksi ditengah-tengah masyarakat. DPRD juga harus mendukung efesiensi anggaran di daerah,” paparnya.

Mantan Komisioner KPU Batam tersebut juga mengatakan, APBD Kepri masih rawan terjadi defisit anggaran. Untuk menyiasati ini, perlu ada pembatasan-pembatasan. Seperti mengurangi perjalanan dinas, baik keluar negeri maupun dalam negeri.

“Artinya secukupnya saja, yakni sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena bisa dijamin, semakin banyak jumlah yang berangkat, pasti tidak fokus dengan tujuan yang dicari,” tegas Zainuddin.

Sebelumnya, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Kepri, Amir Husin membenarkan adanya rencana perjalanan dinas ke Belanda pada pertengahan bulan ini. Adapun agendanya adalah untuk mencari dokumen Sultan Mahmud Riayat Syah III.

Menurutnya, perjalanan tersebut adalah upaya untuk menuntaskan Sultan Mahmud Riayat Syah III sebagai pahlawan nasional ke tiga dari Kepri. Disebutkannya, untuk kepentingan ini Pemprov Kepri melalui BPAD Kepri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 300 juta. Dijelaskannya, anggaran tersebut bukan semata untuk perjalanan, tetapi juga untuk keperluan mencari dokumen-dokumen yang dibutuhkan.(jpg)

Update