Selasa, 19 Maret 2024

Produk UMKM Mesti Miliki Daya Saing

Berita Terkait

Produk kreasi kerajinan tangan dari limbah laut dari UMKKM yang ada di Penyengat.  Foto: Batam Pos.

batampos.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah menilai sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat membantu perbaikan pertumbuhan ekonomi di hari-hari depan. Pasalnya sektor ini cukup berdayaguna dan menyentuh langsung masyarakat sebagai pelaku sekaligus penggeraknya.

“Perkembangan ke depannya menjanjikan jika memang sektor ini diseriusi lagi oleh pemerintah,” kata Iskandarsyah, kemarin.

Memang secara makro, sambung Iskandarsyah, ekonomi Kepri akan lebih pesat jika ada fokus terhadap perbaikan dan pembangunan di sektor pariwisata, investasi, dan kelautan. Namun, prosesnya akan memakan panjang. Sementara UMKM akan langsung dirasakan masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidupnya saban hari.

“Apalagi dengan pasar yang sedemikian mudah dan luas. Tinggal memikirkan cara agar produk UMKM Kepri ini memiliki daya saing dengan produk dari daerah lain,” ujar politisi dari PKS ini.

Sebenarnya kata Iskandarsyah, jajaran Komisi II DPRD Kepri amat mendukung pengembangan sektor UMKM. Dibuktikan pada tahun lalu dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) khusus yang menangani dana bergulir sebagai bantuan buat UMKM.

“UPT itu yang akan menarik bantuan dana bergulir dari pemerintah pusat itu untuk diberdayakan di Kepri,” kata Iskandarsyah.

Kewajiban pembentukan UPT yang juga sebuah lembaga pengelolaan ini merupakan catatan dari pemerintah pusat. Selama ini, bantuan dana bergulir dikelola oleh badan yang berada dibawa kendali Dinas UKM.

“Tapi, pemerintah pusat meminta agar lembaga itu berdiri sendiri. Harapannya bisa dikelola lebih profesional,” jelasnya. (aya)

Update