90 Persen DAK Pendidikan untuk Pembangunan Fisik

208
Murid SDN 002 Batamkota duduk ditangga sambil bermain bersama kawan-kawan menunggu jemputan, Selasa (16/8). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas pendidikan Kota Batam akan mengalokasikan 90 persen dari dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan fisik. Sebagian besar diperuntukan untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) sekolah menengah pertama (SMP).

“Tahun ini pembangunan fisik fokus utama kita. Sekitar 90 persen (DAK) kita taruhkan disana,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin, Selasa (2/5) lalu.

Menurut Muslim, tahun 2017 ini Kota Batam mendapatkan bantuan DAK dari pusat untuk peningkatan sarana Pendidikan. “Angkanya saya belum tau pasti. Tapi informasinya kita dapat Rp 5 miliar SD dan Rp 12 miliar untuk SMP,” kata Muslim.

Dengan anggaran tersebut diharapkan bisa dipergunakan oleh sekolah untuk melakukan penambahan RKB baru. Sehingga bisa menampung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disekolah Negeri ketika tahun ajaran baru mulai dibuka.

“Hampir setiap tahun daya tampung sekolah di Negeri tidak berimbang dengan masuknya siswa baru,” terangnya.

Pembangunan RKB ini nantinya dialokasikan kepada 12 SD dan SMP 25. Pembangunan RKB tergantung kebutuhan.

“Jadi tak lagi satu RKB satu sekolah. Lihat kebutuhannya, bahkan ada satu sekolah kita bangun 6 RKB,” jelasnya.

Untuk kriteria sekolah yang mendapatkan bantuan RKB sendiri, kata Muslim, dilihat dari potensi dalam PPDB),

“Berpotensi baik dalam menerima siswa didik baru,” jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Batam, Safari Ramadhan menyampaikan bahwa pengalokasian DAK memang diperuntukkan terhadap pembangunan fisik sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 12 tahun 2016.

“Semua telah diatur di dalamnya. Apakah sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan berlaku,” ujar Safari. (rng)

Respon Anda?

komentar