Kamis, 25 April 2024

Perusahaan Perlu Punya Ahli Kepabeanan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Kantor Bea Cukai Tipe B Batam, Nugroho wahyu Widodo mengimbau agar investor menggunakan jasa tenaga ahli kepabeanan untuk memudahkan pengurusan izin dokumen lalu lintas barang di pelabuhan.

“Sangat diharapkan agar punya ahli kepabeanan sendiri,” ungkap Noeg, sapaan akrabnya pada Kamis (4/5).

Mengapa hal ini diperlukan. Noeg mengisahkan banyak pengusaha yang mengeluh kepada mereka karena barang impor mereka tak kunjung-kunjung keluar dari pelabuhan.

“Ada investor yang mengeluh barangnya tak keluar selama empat hari,” katanya.

Setelah ditelusuri permasalahannya, ternyata agen yang mengurus dokumen lalu lintas barang tersebut kabur meninggalkan tanggungjawabnya.

“Makanya harus punya ahli kepabeanan. Atau datang ke kantor bea cukai langsung untuk menanyakan prosedur lalu lintas barang,” ungkapnya.

Kehadiran ahli kepabeanan dianggap dapat memudahkan kegiatan investasi di Batam. Karena mereka sangat ahli untuk perizinan lalu lintas barang.

Sedangkan Ketua Asosiasi Tenaga Ahli Kepabeanan (ATAK) Batam, Sunaryo mengungkapkan keberadaan tenaga ahli kepabeanan sangat diperlukan mengingat zaman semakin menuntut kepastian.

“Kita hanya memberi keringanan bagi para pengusaha dan investor. Namun kontrol tetap di bea cukai,” ungkapnya.

Jika ada perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli kepabeanan di Batam saat ini sangat mudah karena sudah ada asosiasinya yakni ATAK Batam.(leo)

Update