Realisasi DBM SDA Baru Capai 7,91 Persen

188

batampos.co.id – Realisasi fisik Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) di triwulan pertama masih sangat rendah. Dari 20 persen target di triwulan pertama, realisasinya baru mencapai di angka 7,91 persen.

“Masih sangat rendah. Data ini kami terima terima dari DBM SDA,” ujar Ketua Komisi III DPRD Batam, Nyanyang Haris Pratamura usai menggelar RDP Laporan Kinerja Triwulan I APBD 2017 bersama DBM SDA, Jumat (5/5).

Menurut dia, DBM SDA sendiri melaksanakan enam program yang terdiri dari 44 program kegiatan dengan total anggaran Rp 356,2 miliar. Adapun rincian programnya ialah pembangunan peningkatan, pemeliharaan jalan dan jembatan Rp 230 miliar, peningkatan sarana dan prasarana kebinamargaan Rp 46 miliar, program pengendalian banjir dan perbaikan jaringan Rp 43 miliar, pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana hinterland Rp 16,7 miliar, pelayanan administrasi perkantoran Rp 24 miliar dan sarana prasarana aparatur Rp 2,9 miliar.

“Fisik baru 7,91 dan realisasi keuangan Rp 28,7 miliar atau 7,88 persen,” kata Nyanyang.

Ia menambahkan, dari 217 paket di DBM SDA, yang realisasi baru 15 paket yakni, drainase, peluasan jalan, PJU. Sedangkan 202 paket lainnya masih tahap pelelangan.

“Mereka mengaku terkendala lelang,” sambungnya.

Nyanyang mewanti-wanti agar anggaran yang sudah dikucurkan untuk DBM SDA bisa terealisasi maksimal.

“Jangan sampai apa yang sudah kita anggarkan di 2017 ini tidak terealisasi dan menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berjalan (Silpa). Realisasi fisik ini kan menyangkut kebutuhan masyarakat Batam,” jelasnya. (rng)

Respon Anda?

komentar