Kamis, 28 Maret 2024

Tiga Desa Dijadikan Kawasan Peternakan Sapi

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pertanian dan Peternakan akan mendata kembali, bantuan ternak sapi yang sudah disalurkan di tahun 2015 lalu. Dan akan digulirkan kepada peternak yang belum mendapat bantuna.

“Kami akan mensosialisasikan program alokasi dana Desa (ADD) untuk pemberdayaan masyarakat desa dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa untuk kembangkan peternakan sapi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Natuna Tengku Fauzan Tambusai, Kamis (4/5).

Kerjasama ini sambungnya, membuat pengembangan peternakan terpadu yang terintegrasi. Mengingat peternakan sapi memiliki potensi populasi yang besar, tetapi dikelola dengan manajemen peternakan yang baik.

Peran Pemerintah Desa katanya, dapat saling mengawasi pengembangan peternakan sapi di kawasan terpadu. Baik peternak yang sudah dibantu pemerintah dan warga yang belum dibantu. Sementara pemerintah dapat membantu pengadaan sapi, pakan, obat-obatan dan dokter hewan, hingga mengatasi persoalan limbah peternakan.

Program ini katanya, dilakukan percobaan di tiga desa, yakni Desa Cemaga Utara, Desa Gunung Putri dan Desa Sedarat Baru.

“Peternakan sapi teritegrasi ini akan diterapkan di tiga Desa dulu yang dinilai sudah potensial populasinya, kemudian lanjut ke desa lain,” ujar Fauzan. (arn)

Update