Jumat, 19 April 2024

Bintan Tampilkan Tradisi Lampu Cangkok

Berita Terkait

Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadilah (baju kuning) didampingi Bupati Bintan Apri Sujadi dengan salah satu peserta pawai Taaruf STQ Provinsi Kepri ke VII, di Engku Putri, Batam, Jumat (5/5)

batampos.co.id – Pemkab Bintan, ikut memeriahkan Pawai Ta’aruf Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke VII tingkat Provinsi Kepri tahun 2017, dengan menampilkan tradisi lampu cangkok yang menyuguhkan suasana gegap gempita menyambut Ramadhan Aidil Fitri.

Pawai Ta’aruf yang dimulai sejak pagi ini dilalui bersama dengan Bupati Bintan Apri Sujadi, didampingi Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, beserta 500 orang rombongan kafilah Kabupaten Bintan, dengan berjalan kaki menyusuri setiap rute yang suda ditentukan.

Dalam perhelatan yang digelar sekali setahun ini Pemkab Bintan, juga menghadirkan berbagai suguhan penampilan menarik, mulai dari penampilan barisan bunga telur, sepeda ontel, barisan penari melayu, barisan bunga manggar, mobil hias, badut upin ipin dan atok, serta barisan baju fashion carnaval.

Tak hanya itu, rombongan kafilah ini juga menampilkan atraksi yang mengundang decak kagum para penonton yang menyaksikan acara tersebut, seperti atraksi sulap upin-ipin, tarian lampu cangkok, atraksi sepeda tinggi, hingga barisan sepeda ontel lengkap dengan lampu cangkok.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira, mengatakan Pemkab Bintan, tahun ini sengaja menampilkan sejumlah parade Pawai Ta’aruf dengan ornamen lampu cangkok.

Menurutnya tradisi lampu cangkok ini merupakan salah satu tradisi lama masyarakat melayu Bintan, dimana hingga kini masih tetap bertahap ditengah era globalisasi dan gemburan budaya asing.

Tradisi ini lanjutnya biasa dilakukan kala menyambut suasana bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Tradisi ini masih kental ditengah masyarakat Bintan. Umumnya dipasang dijalan-jalan dan pekarangan rumah warga sebagai penerangan. Terutama dalam aktivitas saat menyambut malam Lilatul Qadar hingga puncaknya di malam Idul Fitri,” terangnya.

Perhelatan STQ ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Lamen Sarihi, Ketua PKK Kabupaten Bintan Deby Apri Sujadi, Ketua GOW Kabupaten Bintan, Herdawati Dalmasri Syam, Plt Sekda Kabupaten Bintan, Adi Prihantara, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan. (cr20)

Update