Rabu, 24 April 2024

DKP Segera Bangun Tempat Pelelangan Ikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan, segera membangun tempat pelabuhan pelelangan ikan yang akan dipusatkan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Pembangunan ini bertujuan untuk membantu para nelayan, agar hasil tangkapan ikan dapat dijual sesuai dengan harga normal.

“Dari tahun 2012 kami sudah siapkan studi untuk pelabuhan pelelangan ikan ini. Tinggal yang harus disiapkan saat ini ialah lahan, amdal, serta DED. Kalau itu semua sudah siap tinggal mengusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ini yang akan kami kejar mulai tahun ini sampai 2018 mendatang,” jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan, Fachrimsyah, belum lama ini.

Fachrimsyah menuturkan selama ini hasil tangkapan ikan dari nelayan, terkhususnya untuk daerah terluar seperti Kecamatan Tambelan, yang merupakan penghasil ikan terbesar di Kabupaten Bintan, kebanyakan dibawah ke daerah Kalimantan.

Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang dilalui lebih dekat ketimbang menjualnya ke Bintan.

“Nelayan kita selama ini menjual ikan ke tangkahan-tangkahan atau toke-toke dengan harga yang ditentukan oleh toke itu sendiri. Jadi kalau kita memiliki tempat pelelangan ikan, tentu harga ikan bisa stabil sesuai keinginan dari nelayan kita sendiri,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Fachrimsyah, pihaknya sudah melakukan upaya pengajuan bantuan penyediaan dua kapal angkut 30 GT kepada KKP RI. Agar dapat mendukung program penyediaan pelelangan ikan tersebut.

“Alhamdullilah pengajuan proposal kami sudah diterima oleh KKP. Insya Allah awal tahun 2018 bisa direalisasikan. Diharapkan bantuan kapal ini dapat mendukung dalam penyediaan tempat pelelangangan ikan yang juga akan digesa secepatnya,” imbuhnya. (cr20)

Update