Jumat, 19 April 2024

Juni Jembatan Dompak Disempurnakan

Berita Terkait

Kendaraan melintasi Jembatan Dompak Tanjungpinang, Jumat (5/5). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepri, Hendrija mengatakan saat ini Dinas PUPR Kepri tengah memprsiapkan proses lelang beberapa kegiatan strategis untuk pembangunan Dompak. Menurutnya, apabila tidak ada halangan pada Juni mendatang Jembatan I Dompak sudah mulai dipersolek.

“Kita targetkan pada Juni nanti proses lelang selesai. Sehingga pemenang tender bisa memulai pekerjaanya,” ujar Hendrija menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (4/5) di Tanjungpinang.

Menurut Hendrija ada beberapa kegiatan strategis dibawah kendali PUPR Kepri untuk pembangunan Dompak. Diantaranya adalah penataan pintu masuk Pulau Dompak dengan pagu anggaran sebesar Rp4,8 miliar. Kemudian ada juga peningkatan jalan menuju kawasan pusat Pemerintahan Provinsi Kepri senilai Rp14,3 miliar.

Masih kata Hendrija, selain itu adalah penataan bundaran I Dompak senilai Rp1,4 miliar. Kegiatan lainnya adalah finishing dan bangunan pelengkap Jembatan I Dompak sebesar Rp10,7 miliar. Kegiatan tersebut termasuk pemasangan pengamanan jogging track dan penerangan jalan.

“Pekerjaan yang kita dahulukan tentunya yang masuk skala prioritas. Karena ada kekhawatiran kekurangan anggaran. Apalagi kita juga masih ada kewajiban kepada pihak ketiga,” papar Hendrija.

Diakui Hendrija, untuk menjadikan Jembatan I Dompak sebagai ikonnya Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang memang masih banyak pembangunan yang harus dilakukan. Dijelaskannya, ditengah terbatasanya anggaran tentu membutuhkan waktu untuk menjadikan Jembatan I Dompak sempurna.

“Penerangan saat ini memang menjadi perhatian. Karena kita khawatir, Jembatan I Dompak menjadi lokasi yang rawan. Baik itu tindak kriminal ataupun kenakalan remaja,” paparnya lagi.

Ditanya kapan akan dilakukan uji kelaikan oleh Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ). Mengenai persoalan itu, Hendrija mengatakan uji tersebut akan dilakukan apabila Jembatan I Dompak sudah selesai sempurna. Baik itu pengaspalannya, marka, maupun penerangannya.

“Kalau sudah rampung kita kerjakan, tentu akan kita laporkan lagi ke KKJTJ. Untuk Jembatan I Dompak ini, memang sudah masuk dalam waiting list KKJTJ untuk di lakukan tes fisik,” tutup Hendrija.(jpg)

Update