Jumat, 29 Maret 2024

Kapolda Gelar Operasi Cegah Aksi Kartel

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepri, Irjen Sam Budigusdian mengatakan salah satu yang menjadi perhatian pihak kepolisian adalah mencegah adanya kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai kebutuhan barang atau kartel.

“Persaingan tidak sehat ini bisa merugikan masyarakat, terutama jelang bulan ramadan dan lebaran yang tinggal beberapa minggu lagi,” kata Sam, Jumat (5/5) saat menghadiri peletakan batu pertama asrama mahasiswa kampus BTP di Sekupang.

Pihaknya mengungkapkan keberadaan kartel ini memang belum da ditemukan, namun bukan bearti tidak ada. “Nah inilah yang menjadi tugas kami, bagaimana mencegah tindakan ini terjadi, sehingga masyarakat tidak dirugikan,” terangnya.

Sam menyebutkan beberapa komoditas pangan yang harus diawasi diantaranya cabe dan daging, karena dua item ini termasuk kebutuhan yang melonjak permintaanya terutama di bulan ramadan, apalagi jelang lebaran.

“Kita akan tindak jika mereka berani bermain,” tegas Sam.

Pihaknya juga telah membentuk tim satuan tugas pangan yang bertugas menggelar operasi pasar, guna memastikan kestabilan harga. Sam menambahkan tim satgas pangan ini juga melibatkan instansi lain seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, KPPU, serta Bulog Batam.

“Semua lintas instansi memiliki peran masing- masing, kalau kami lebih kepada penindakan jika ada ditemukan,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Waka Korlantas Mabes Polri ini.

Menurut Sam, target operasi dari Satgas ini adalah level distributor dan penyedia bahan kebutuhan pangan. Tujuannya adalah menjaga stabilitas harga pangan dan untuk lakukan penindakan terhadap kartel.

Pemerintah sudah melakukan persiapan dan memenuhi stok kebutuhan selama satu bulan penuh, jadi tidak ada lagi kekurangan selama ramadan dan lebaran.

“Jika terjadi kelangkaan, itu pasti ada permainan. Nah satgas inilah yang bertugas mencegah hal itu terjadi,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bulog Batam, Jamaludin mengatakan persiapan kebutuhan pokok jelang ramdan dan lebaran sudah terpenuhi. “Beras dan gula aman,” kata dia.

Untuk menjaga kestabilan harga pangan, pihaknya bersama dengan intansi terkait termasuk kepolisian akan menggelar rapat koordinasi, Selasa (9/5) besok.

“Kami rapat dulu terkait stok kebutuhan dan menjaga kestabilan harga di pasaran,” tutupnya.(cr17)

Update