Jumat, 29 Maret 2024

KemenPU-PR Siapkan Anggaran Rp 350 Miliar Bangun Flyover Kabil

Berita Terkait

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Basoeki Hadimoeljono
foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Basoeki Hadimoeljono mengatakan pembangunan flyover atau jalan layang kedua yang rencanannya akan dibangun di Jalan Jendral Sudirman atau Simpangkabil membutuhkan biaya hingga Rp 350 miliar.

“Detailnya saya belum tahu pasti, kemungkinan dana yang dibutuhkan segitu,” kata Basoeki, Jumat (5/5).

Pihaknya berencana akan mulai pengerjaan jalan layang tahun 2019 mendatang. Saat ini pihaknya tengah menyelesaikan pembangunan jalan layang di Simpangjam yang diperkirakan selesai tahun ini.

“Bertahap, kami selesaikan dulu flyover yang pertama, baru lanjut yang kedua,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya Pemerintah Batam telah mengajukan penambahan flyover untuk mengatasi permasalahan macet di Batam.

“Kemarin Pak wali sudah sampaikan kebutuhan flyover di Batam, dan kami akan coba realiasikan,” sebutnya.

Dia berharap pembangunan infrastruktur di Batam bisa berjalan dengan baik. Tahun ini beberapa pembangunan infrastruktur di Batam cukup banyak seperti flyover, infrastruktur air, pembangunan rusunawa, kebun raya Batam, hingga perawatan jalan.

“Bentuk pembangunan sebagai salah satu langkah dalam mendukung sektor pariwista di Batam juga,” ujarnya.

Dia menyebut peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam mengembangkan infrastruktur daerah. Semu pihak harus bersinergi memajukan pembangunan diseluruh daerah. “Kami di pusat juga menunggu pemda mengaukan, dan akan kami coba anggarkan,” Daerah harus proaktif sehingga pembangunan bisa terealisasi dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pembangunan flyover kedua ini diharapkan bisa menjadi alternatif bagi pengendara untuk menghindari kemacetan. Selain itu, keberadaan jalan layang ini juga akan mempercantik Kota Batam.

“Jalanan Batam akan terlihat sangat megah, dan ini bisa menjadi ikon kota,” sebut dia.

Pihaknya memang tengah berusaha membangun infrastruktur di Batam, sebelumnya Pemko Batam telah melakukan pelebaran jalan di Nagoya. Dan tahun ini pihaknya juga melakukan pelebaran tujuh jalan bersama dengan pemerintah provinsi Kepri.(cr17)

Update