Muslim : Penerimaan Bina Lingkungan Didahulukan

319
SDN 002 Batamkota duduk ditangga sambil bermain bersama kawan-kawan menunggu jemputan, Selasa (16/8). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kota Batam akan mendahulukan siswa-siwsi yang masuk melalui program bina lingkungan terlebih dahulu. Dimana untuk bina lingkungan, kuota ditetapkan sebanyak 20 persen dari jumlah siswa yang diterima sekolah negeri.
Hal ini menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin untuk mengatasi permasalahan titip menitip siswa melalui program bina lingkungan.

“Tak ingin kayak kemarin (tahun lalu,red), penerimaan secara offline (bina lingkungan,red), baru setelah itu yang online,” katanya, Jumat (5/5).

Ia mengatakan saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) selalu dibayangi permasalahan “titip menitip” siswa yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Sehingga menyebabkan sekolah-sekolah menampung jumlah siswa lebih banyak dibandingkan kuota seharusnya.

Oknum yang menitipkan siswa selalu memanfaatkan program bina lingkungan, dan menekan pihak sekolah menerima siwa titipan mereka untuk belajar di sekolah negeri.

“Makanya saya akan panggil besok Kepala Sekolah yang ada di Batam, untuk memberitahu hal ini. Dan kami juga rancang beberapa kebijakan, yang dapat menghalangi hal ini (titip menitip siswa),” ujarnya.

Muslim menerangkan program bina lingkungan ini sebenarnya diperuntukan bagi siswa yang tak mampu, tinggal disekitar lingkungan sekolah dan anak-anak yang beprestasi non akademik.

“10 persen bagi siswa tak mampu, 5 persen anak sekitar, dan 5 persen anak-anak berprestasi non akademik,” ucapnya.

Pengawasan program bina lingkungan ini akan lebih diketatkan. Muslim mengatakan untuk siswa tak mampu,diharapkan dapat mencantumkan dokumen yang diminat. Selain itu anak yang berada di lingkungan sekolah, harus memperlihatkan surat keterang tinggal.

“Anak prestasi non akademik, itu minimal prestasi dalam bidang olahraga tingkat kota dan provinsi. Kalau RT atau RW, gak lah. Penting, mereka harus memperlihatkan piagam dan penghargaan yang mereka terima,” tuturnya.

Mengenai rencana DPRD Batam akan memanggilnya, terkait kuota 20 persen bina lingkungan. Muslim Bidin belum mengetahui hal tersebut. “Belum ada, tapi kalau iya. Akan saya jelaskan, selama ini tak ada orang yang menitipkan anak melalui saya, dan itu bisa dibuktikan, ” ujarnya. (ska)

Respon Anda?

komentar