Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Siapkan Operasi Pasar

Berita Terkait

batampos.co.id – Harga kebutuhan pokok di Natuna hingga saat ini masih stabil di pasaran. Namun dikawatirkan, kenaikan bisa terjadi beberapa hari mendekati bulan puasa.

Sekretaris Dinas perindustrian perdagangan Pemkab Natuna Hikmatul Arif mengatakan, Pemerintah Daerah sudah menyiapkan langkah antisipasi ketersediaan dan kenaikan harga sembako menyambut bulan puasa. Diantaranya melakukan identifikasi ketersediaan dan stok serta harga sembako.

“Kami juga akan tingkatkan fungsi pengawasan barang beredar,” ujar Hikmatul, Minggu (7/5).

Hikmatul mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan perkembangan harga sembako secara intensif di pasar pada satu minggu sebelum bulan puasa. Serta keamanan dan kelancaran distribusi barang setiap Kecamatan.

“Tentu Koordinasi antar instansi di Natuna terkait keamanan produk pangan yang beredar. Kemungkinan operasi pasar dan pasar murah, jika terjadi lonjakan harga mahal,” ujarnya.

Sementara untuk Satgas Pangan katanya, Pemerintah Daerah masih menunggu koordinasi pihak Polres Natuna melakukan kerjasama mengantisipasi dan pengawasan agar tidak dimanfaatkan spekulan yang menyebabkan ketersediaan terbatas dan harga melonjak.

“Memang saat ini tidak ada indikasi munculnya spekulan, tetapi bisa terjadi menjelang puasa dan lebaran. Karena kebutuhan ikut meningkat,” sebut Hikmatul.(arn)

Update