Selasa, 19 Maret 2024

Polda Kepri Tangkap Tangan Pelaku Pungli di Pelabuhan Batuampar, Batam

Berita Terkait

batampos.co.id –  Tim Operasi Tangkap Tangan Polda Kepri, kembali mengamankan satu orang terduga pungli di Pelabuhan Batuampar, pada Senin (8/5).  Satu orang yang diamankan tersebut yakni Kepala Satuan Kerja Terminal Umum, Kantor Pelabuhan Laut BP Batam, Adil Setiadi.

Dari tangan terduga pungli ini, polisi berhasil mengamankan uang senilai Rp 16 juta, tiga unit ponsel dan satu unit mobil avanza hitam.

“Benar kami amankan satu orang terkait pungli di Pelabuhan Batuampar,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pada Batam Pos, Senin (8/5).

Ia mengatakan pungli sudah lama tercium oleh pihak kepolisian. Oleh sebab itu, tim OTT melakukan penyelidikan sekitar satu minggu. Dari penyelidikan tersebut, polisi menemukan adanya dugaan pungli.  Modus operandi yang digunakan oleh Adil yakni meminta uang pelicin kepada perusahaan yang melakukan bongkar muat untuk mengeluarkan barang dari Kawasan Industri Batuampar.

“Saat diamankan, terduga ini meminta fee dari perusahaan yang ingin mengeluarkan barang berupa module,” ujar Sam.

Padahal segala administrasi perusahaan tersebut sudah diselesaikan. Bahkan, kata Sam perusahaan itu telah menyetorkan sejumlah uang untuk penerimaan negara, dan ditrasnfer langsung ke rekening BP Batam.

“Walau uang untuk negara sudah dibayarkan, pihak satker pelabuhan masih tetap meminta uang lagi,” kata jendral bintang dua itu.

Uang pelicin yang diminta oleh satker pelabuhan itu, kata Sam sebanyak Rp 10 juta.

“Untuk dapat membongkar (mengeluarkan) module tersebut dari tempat produksi yang berlokasi di Kawasan Industri Batuampar,” ungkap Sam.

Mengenai status Adil, Sam mengatakan pihaknya masih melakukan pendalam dan pengembangan terhadap kasus tersebut.

Dari pantauan Batam Pos, Adil diamankan pihak kepolisian pada Senin (8/7) disalah satu hotel kawasan Batuampar, saat sedang transaksi pembayaran uang pelicin bongkar muat tersebut. Saat diamankan Adil pasrah, setelah itu pihak kepolisian membawanya ke Polsek Batuampar untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif.

Selama satu jam pemeriksaan di Polsek Batumpar, sekitar pukul 17.00 penyidik membawa Adil ke Kantor Pelabuhan Satker Batuampar. Disana pihak kepolisian kembali mememeriksa dan menanyakan beberapa pertanyaan. Sekaligus mencari dokumen-dokumen yang dibutuhkan.  Setengah jam berada di dalam kantor tersebut, polisi membawa Adil ke Mapolda Kepri.

Operasi Tangkap Tangan Pungli kali ini, dipimpin langsung oleh Ditreskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Budi Suryanto bersama dengan Kasubdit III Ditreskrimsus AKBP Arif Budiman.

“Nanti akan kami sampaikan, saat ini masih dalam pendalaman,” tutur Budi. (ska)

Update