Kamis, 25 April 2024

Gedung Perpustakaan SDN 007 Tebing Terbakar

Berita Terkait

batampos.co.id – Perpustakaan SD Negeri 007 Pamak, Kecamatan Tebing hangus terbakar pada Ahad (7/5) malam pukul 22.00 WIB. Bangunan berukuran 8 x 9 meter persegi tersebut hanya berisi ratusan buku paket pelajaran para siswa dan tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan keterangan Rusli, selaku Kepala SDN 007 menyebutkan bahwa pada saat kebakaran terjadi dia melihat api sudah membesar. Kemudian, masyaraklat sudah datang ke lokasi untuk memadamkan api dan menghubungi pemadam kebakaran.

”Dan, tidak lama kemudian ada satu unit mobil pemadam kebakaran dari Bandara Raja Haji Fisabilillah/ Seibati tiba dim lokasi,” ujar Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono kepada Batam Pos, Senin (8/5).

Anggota Polsek Tebing, kata Kapolsek, yang sedang melakukan patroli saat itu juga langsung menuju ke lokasi kebakaran untuk melakukan pengamanan dan juga pemadaman bersama dengan masyarakat sekitar. Diperkirakan, penyebab kebakaran diduga berasal dari arus pendek. Karena, di bangunan yang terbakar juga terdapat aliran listrik. Untuk kerugian mencapai Rp150 juta.

Kepala SDN 007 Pamak, Kecamatan Tebing, Rusli secara terpisah menyatakan, kebakaran yang menghanguskan bangunan perpustakaan beserta seluruh isi di dalamnya tidak menggangu proses belajar mengajar.

”Sebab, ruang tesebut memang difungsikan sebagai tempat membaca. Berapa banyak buku yang terbakar belum dapat dihitung. Sebab, catatan tentang buku ada di dalam bangunan dan ikut terbakar,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kebutuhan buku, lanjut Rusli, pihaknya akan segera mengadakan rapat dengan seluruh guru. Tujuannya, untuk mengetahui apa saja buku-buku yang terbakar. Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika buku yang sudah terbakar dan dibutuhkan oleh murid bisa dicari solusi untuk dipinjamkan dulu. Yang jelas, proses belajar mengajar tidak terganggu akibat dari kebakaran ini. (san)

Update