Sabtu, 20 April 2024

KPU Sasar Pemilih Pelajar

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang terus mempersiapkan diri dalam menghadapi Pilwako 2018 mendatang. Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Tingginya tingkat partisipasi pemilih tentunya menjadi parameter keberhasilan penyelenggara Pilkada tentunya. Makanya sejak awal, kita mempersiapkan itu,” ujar Robby, Senin (8/5) di Tanjungpinang.

Menurut Robby, KPU Kota Tanjungpinang telah mengundang sebanyak 25 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan SMK serta MAN untuk menghadiri pendidikan pemilih di Rumah Pintar KPU Tanjungpinang. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, yakni 8 Mei sampai 12 Mei mendatang.

Masih kata Robby, setiap sekolah diwakili lima siswa yang berasal dari pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masing-masing sekolah. Kegiatan pendidikan pemilih ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan kepada siswa SMA sebagai pemilih pemula di Tanjungpinang pada pilkada serentak gelombang ketiga yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

“Kita pilih pengurus OSIS diharapkan mereka bisa menyebarkan pengetahuan kepemiluan dengan rekan rekan siswa lain di sekolah masing-masing,” papar Robby.

Pria yang pernah berprofesi sebagai jurnalis itu, menyebutkan, potensi pemilih pemula di Tanjungpinang cukup banyak. Bisa terjadi penambahan pemilihan sebanyak 3000 pemilih. Atas dasar itu, KPU mengajak siswa untuk menggunakan hak suara mereka dalam pilkada serentak nanti dan pemilu legislatif yang digabung bersama pemilu presiden pada April 2019.

Dikatakannya, melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP), KPU Tanjungpinang memberikan pemahaman pentingnya pemilu bagi rakyat Indonesia terutama di daerah. Karena satu suara yang diberikan oleh pemilih sangat menentukan pembangunan daerah ini ke depan. Materi yang disampaikan kepada pemilih pemuda di antaranya seperti sejarah pemilu Indonesia, bagaimana sistem pemilu, siapa saja yang berhak menjadi calon kepala daerah, calon anggota DPRD maupun bagaimana pentingnya pemilu dan menonton film singkat tentang pentingnya pemilu.

Robby menambahkan, KPU Tanjungpinang juga mengundang partai politik di Tanjungpinang serta perwakilan ormas, LSM pada minggu ketiga Mei, dalam rangka menyampaikan pelbagai masalah penting menyangkut pilkada serentak gelombang ketiga 2018.

“Dan tentu saja persiapan menjelang pemilu legislatif yang tahapannya di mulai akhir 2017,” tutup Robby Patria.(jpg)

Update