Selasa, 19 Maret 2024

Pemuda Mesti Kenali Kekayaan Bahari

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menerima brevet kehormatan penyelam dari Batalyon Marinir 10/satria Bumi Yudha, Senin (8/5). F. Humas Pemprov Kepri/batampos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menginginkan agar para generasi mudanya mampu lebih mengenali kekayaan bahari itu sebagai wujud agar lebih mencintai Provinsi Kepri. Pemprov Kepri, kata Nurdin, siap mendukung segala jenis kegiatan yang bertujuan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Kepri dan segenap potensi baharinya.

Paling anyar, Gubernur Nurdin berencana mengajak 300 mahasiswa mengelilingi pulau terluar Indonesia yang masih dalam cakupan wilayah Kepulauan Riau. Namun, agar kegiatan itu jadi lebih istimewa, Gubernur Nurdin menginginkan seluruh calon peserta tersebut menguasai keterampilan menyelam agar mampu melihat langsung dan lebih dekat kekayaan dalam laut Kepri.

“Itulah kekayaan kita sebenarnya yang belum kita maksimalkan sejauh ini,” kata Gubernur Nurdin ketika menerima brevet kehormatan penyelam dari Batalyon Marinir 10/Satria Bumi Yudha, Senin (8/5).

Mengenai latihan menyelam yang diikuti generasi muda dari golongan resimen mahasiswa, sudah dilaksanakan sejak akhir April lalu. Sudah ada 76 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi yang mengikuti pelatihan ini. Targetnya mencapai 300 mahasiswa sebelum kegiatan mengunjungi pulau-pulau terluar itu dilaksanakan pada 17 Mei mendatang.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengapresiasi itikad Gubernur Nurdin. Dalam pandangan Jumaga, penting bagi para generasi muda Kepri mengetahui lebih banyak tentang potensi bahari daerahnya.

“Merekalah nanti yang akan melanjutkan pembangunan daerah ini. Kalau mereka tak tahu, macam mana mereka mau peduli,” kata Jumaga yang juga menerima brevet kehormatan sebagaimana yang diterima Gubernur Nurdin.

Kepada pihak TNI-AL, Jumaga meminta agar potensi kekayaan laut Kepri ini dijaga. Hal ini demi kelangsungan kehidupan generas selanjutnya. Terlebih sudah lama dan berulangkali terjadi penjarahan di perairan Kepri. Aktivitas ilegal semacam ini sudah semestinya bisa ditangkal dengan penjagaan dan pengamanan lebih maksimal.

“Pemerintah pusat sedang serius menjaga kedaulatan teritorial perairan kita. Ini momentum yang baik.buat daerah kita,” pungkasnya. (aya)

Update