Sabtu, 20 April 2024

DP3KB Bintan dapat Bantuan Mini Bus

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan akan membeli satu unit mini bus untuk antar jemput calon akseptor KB di Kabupaten Bintan. Bantuan melalui APBN itu seharga Rp 477.273.000.

“Biasanya tahun lalu untuk antar jemput, mobilnya kami sewa,” ujar Kartini, Selasa (6/5).

Pembelian mini bus itu, kata Kartini sedang tahapan lelang. Kemungkinan akhir Mei mendatang moda transportasi tersebut sudah hadir di Kabupaten Bintan. Sehingga warga yang ingin menjalani program KB bisa bisa pulang pergi.

Namun sambungnya, pelayanan pulang pergi itu hanya diperuntukan bagi warga yang berdomisili di kecamatan satu daratan saja. Mulai dari Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Seri Kuala Lobam, Teluk Bintan, Toapaya, Gunung Kijang, sampai Kecamatan Bintan Timur.

“Target kami tahun ini program KB bisa diikuti 18.000 akseptor. Dari yang mengikuti program cukup dua anak maupun memasang implan dan operasi vasektomi,” jelasnya.

Ditanya untuk dana pemeliharaan mini bus dan biaya operasionalnya, Kartini mengaku kedua pendanaan itu tidak dialokasikan melalui APBN melainkan dikucurkan melalui APBD Bintan 2017 sebesar Rp 72.727.000.  Diantaranya untuk dana pemeliharaan rutin atau berkala kendaraan dinas sebesar Rp 50.000.000 dan pengadaan operasional sarana transportasi pelayanan KB sebesar Rp 22.727.000.

“Semua itu disediakan selama setahun. Mulai dari Januari sampai Desember. Baik pemeliharaannya maupun operasional antar jemput calon akseptornya,” ungkapnya. (ary)

Update