Kamis, 25 April 2024

Mahasiwa Uniba Menimba Ilmu Fotografi ke Batam Pos

Berita Terkait

batampos.co.id – Komunitas Pena Mahasiswa Universitas Batam menyambangi Batam Pos, pada Rabu (10/5). Kedatangan mereka diterima langsung oleh Koordinator Liputan Batam Pos, Yusuf Hidayat.

“Foto jurnalis beda dengan foto biasanya. Dimana harus memperhatikan ekpresi dan gestur,” katanya pada, Rabu (10/5).

Fotografer Jurnalis, kata Yusuf harus jeli memperhatikan dua hal diatas tersebut. Sebab itulah nantinya yang membedakan produk foto jurnalis atau bukan.

“Sebagai dasar, saya akan menjelaskan 4 teknik dasar fotografi,” ujarnya.

Empat teknis dasar itu adalah komposisi yang sering juga disebut dengan angle atau sudut pandang. Lalu Deph of Field, ruang tajam dalam sebuah foto. Teknik ketiga yakni eksposure, pencahayaan dalam setiap pengambilan foto, fotografer haruslah memperhatikan diafragma, kecepatan rana dan kepekaan ISO.

“Ke empat adalah fokus, faktor sangat penting bagi fotografer,” ucap Yusuf.

Koordinator Liputan Batam Pos, R Yusuf Hidayat (Kanan) menjelaskan teori fotografi kepada mahasiswa yang tergabung dalam Pena Universitas Batam di Kantor Redaksi Batam Pos, Rabu (10/5). F-Wahyudin Nur/Batam Pos

Hal lain yang perlu diperhatikan selain faktor teknis, persiapan dalam memoto adala faktor non teknis. Faktor ini, fotografer terlebih dahulu mempersiapkan kondisi kamera dalam keadaanbaik, batrai kemare penuh, lensa yang dipakai harus menyesuaikan dengan objek yang di foto.

Komunitas Pena Mahasiswa Uniba yang berasal dari berbagai jurusan ini, mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Yusuf tersebut. Diskusi antara Yusuf dengan komunitas inipun mengalir.

Sekedar informasi Komunitas Pena Mahasiswa Uniba ini diketuai oleh Yoza Adirta. Merupakan organisasi mahasiwa yang bergerak dibidang jurnalistik. (ska)

Update