Bupati Datangkan Ahli Pipa Bawah Laut dan Air Bakau

274
Alias Wello. F. Wijaya Satria/batampos.

batampos.co.id – Bupati Lingga Alias Wello serius mengembangkan potensi sumber air bersih yang dimiliki Bunda Tanah Melayu untuk membantu daerah lain di Provinsi Kepri ini yang membutuhkan suplay air bersih. Keseriusan Bupati yang akrab disapa Awe ini terbukti dengan mengundang sejumlah pakar pipa bawah laut dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) di Hotel Harmoni Batam, Sabtu (13/5) pagi.

Sejumlah pakar yang akan hadir yakni, Kasubdit Air Tanah dan Air Baku Wilayah Barat Ditjen SDA Kementerian PUPR, Alexander Leda, ST, MT, Ahli Perencanaan Wilayah dan Daerah Berbasis SDA UGM, Dr. Ir. Arif Kusumawanto, MT, IAI, Pakar Pemanfaatan dan Pengelolaan SDA UGM, Dr. Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc, Pakar Air Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, Dr. Ir. Arie Herlambang, MS dan Ahli Perpipaan Bawah Laut, Ing. Alex Agung Mardwiyanto.

“Sejumlah pakar yang kami sebutkan telah menyatakan kesediaan mereka hadir pada FGD nanti,” ujar Alias Wello.

Lebih lanjut Alias Wello mengatakan, FGD ini diharapkan mampu menjawab kerisauan Gubernur soal kekurangan air di Kepri, khususnya Kota Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan sekitarnya. Alias Wello menambahkan semua tahu jika Kabuapten Lingga memiliki belasan air terjun dari pegunungan yang mengalir tak henti–henti sepanjang tahun. Bahkan, hingga terbuang sia–sia ke laut.

Seharusnya potensi yang dimiliki salah satu daerah di Provinsi Kepri yakni Kabupaten Lingga dapat digarap dengan baik dan profesional yang akan berujung sebagai jawaban keresahan kekurangan air dan dapat memenuhi kebutuhan air di Kepri itu sendiri.

“Memang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah membangun Bendungan Sei Gong, tapi itu bukan solusi satu–satunya,” ujar Alias Wello.

FGD ini juga diharapkan Alias Wello sebagai respon dari keinginan Bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi, agar kekurangan air baku di Batam dan sekitarnya dapat segera diatasi.

Dari informasi yang diterima Batam Pos acara FGD tersebut akan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), Dr. H. Asman Abnur, SE, M.Si didampingi Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. Selain itu, acara FGD tersebut, juga akan dihadiri sejumlah anggota DPR dan DPD RI Dapil Kepri dan Riau. (wsa)

Respon Anda?

komentar