Kamis, 28 Maret 2024

Gadis Italia Itu Menikah di Batang Jawa Tengah

Berita Terkait

Dzulfikar seusai akad nikah. Ilaria Montebianco (foto kanan) mengenakan baju pengantin muslim berhias melati. Sebelumnya dia jadi mualaf. (DOK. KELUARGA DZULFIKAR)

batampos.co.id – Masih ingat gadis Italia Ilaria Montebianco yang jatuh cinta pada Dzulfikar, pemuda Desa Tragung Kandeman, Batang, Jawa Tengah?!

Mereka resmi menikah Kamis (11/5/2017).

Sejak pagi, rumah sederhana Dzulfikar di depan SDN 01 Tragung dikerumuni tamu yang ingin menjadi saksi pernikahan insan lintas benua yang dipertemukan lewat facebook tersebut.

Para bocah di dekat rumah pun tak ingin ketinggalan momen itu. Membawa ponsel pintar milik orang tua, mereka berharap bisa mencuri-curi foto paras bule cantik asal Kota Bari yang menabung sampai dua tahun agar bisa terbang ke Indonesia itu.

Sekitar pukul 09.00, akad nikah dimulai dengan dipimpin KH Nakhrowi dari Pekalongan. Prosesi dilakukan tertutup lantaran pihak keluarga ingin menjaga privasi. Dengan mantap, Fikar ā€“sapaan Dzulfikarā€“ mengucapkan ijab kabul.

Tamu undangan pun dengan sigap mengeluarkan ponsel dan mengabadikan sosok Ilaria. Meski sempat dilarang, mereka tetap nekat mengabadikan momen langka tersebut. Apalagi, Ilaria yang menjadi mualaf sejak 1 Mei lalu tampil anggun dengan balutan gamis putih dengan hijab beruntai melati.

Setelah prosesi akad dan penyematan cincin di dua jari mempelai, Fikar yang didampingi ibunya, Ismoyowati, dan pakdenya, Zaenal Arifin, menemui awak media. Seperti sebelumnya, Ilaria belum bisa turut serta menemui para pemburu berita.

ā€™Today is full of God grace (Hari ini penuh dengan rahmat Tuhan, Red),ā€™ ujar Fikar mencurahkan perasaannya setelah akad nikah. Fikar yang mengenakan kemeja putih, jas hitam, sarung batik, serta peci hitam berhias mawar merah merasa lega setelah sah secara agama menghalalkan pujaan hatinya.

Kendati tak tampak satu pun anggota keluarga Ilaria, Fikar dan keluarga mengaku sudah mengantongi izin dari keluarga mempelai perempuan. Baik untuk menikah maupun untuk pindah agama. Ilaria mengucapkan dua kalimat syahadat di bawah bimbingan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung KH Zainul Iroki Lc.

ā€™ā€™Yang jelas, kami bahagia sudah bisa meresmikan hubungan kami. Kami belum memikirkan soal keturunan ataupun bulan madu,ā€™ā€™ imbuhnya.

Ke depan, pihak keluarga berfokus mengurus pernikahan itu sesuai dengan perundang-undangan, baik di Indonesia maupun Italia. Setelah itu, keluarga mempertimbangkan masalah pindah kewarganegaraan Ilaria.

Keluarga Fikar membenarkan bahwa pernikahan tersebut terkesan tergesa-gesa. Hal itu dilakukan demi menghindari anggapan-anggapan negatif dari sekitar. Terlebih, sudah hampir dua bulan Ilaria menetap di Tragung.

Ismoyowati menyatakan senang Ilaria sudah resmi menjadi menantunya.

ā€™ā€™Terharu sekali, semua sudah terwujud. Dia sudah saya anggap anak saya sendiri. Dia tidak pilih-pilih kalau makan. Oseng-oseng tempe, opor ayam, sayur bayam, semua suka. Sedikit-sedikit sudah bisa bahasa sini, napa Bu?, dalem Bu?, ora papa. Alhamdulillah.ā€ (novia/ap5/c5/ami)

Update