Sabtu, 20 April 2024

Kafilah Tanjungpinang Meraih Juara Umum II

Berita Terkait

batampos.co.id – Kafilah Kota Tanjungpinang berhasil meraih juara umum II Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke VII Tingkat Provinsi Kepri yang dilaksanakan di Kota Batam dari 5-9 Mei. Dengan keberhasilan itu, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakilnya, Syahrul menjemput para kafilah dengan penuh kegembiraan di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Rabu (10/5).

Posisi juara umum I diajang bergengsi tahunan ini disabet oleh Kabupaten Karimun. Sedangkan tuan rumah Kota Batam harus rela menduduki posisi juara umum III. Disusul, Kabupaten Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas.

Lis mengatakan kafilah yang dikirimkannya telah pulang dengan memboyong berbagai piala. Semua raihan prestasi ini berkat kerja keras Wakil Walikota (Wawako) selaku Ketua LPTQ serta seluruh unsur terkait.

“Ini hasil kerja keras semua pihak. Kita akan selalu melakukan evaluasi lagi agar prestasi ini dapat dipertahankan. Mulai dari kelurahan sampai kecamatan,” katanya.

Prestasi yang diboyong kafilahnya, kata Lis diantaranya juara 1 terbaik cabang hahfidz Alquran golongan anak dan dewasa putri, juara 3 cabang tilawah Alquran, juara 2 putra dan 3 putri cabang hifzil Alquran 1 Juz Tilawah, juara 1 putra dan 2 putri golongan 5 Juz, juara 1 putra dan 3 putri 10 Juz.

Untuk golongan 20 Juz , lanjut Lis juara 2 putra dan juara 2 putri dan 30 juz juara 1 putra dan juara 3 putri. Sedangkan tafis Alquran bahasa arab juara 3 putra dan 1 putri, ditambah dengan juara 3 pawai taaruf, juara 3 qasidah rabana, dan juara harapan stand bazar.

“Kami akan terus berupaya mendorong dan memotivasi qori dan qoriah. Bahkan kami akan mendirikan pusat pendidikan agama di Pulau Penyengat,” bebernya.

Sementara itu, Wawako Tanjungpinang, Syahrul mengatakan prestasi ini merupakan hasil penantian panjang dan segala upaya yang dilakukan semua pihak. Karena dengan sinergitas bersama itulah mampu mendorong dan menyemangati para kafilah untuk meraih juara diajang bergengsi tersebut.

“Target sebelumnya hanya menduduki peringat ke III saja. Tapi dengan semangat dan mental juara, kafilah kita bisa meraih peringkat ke II,” katanya.

Kedepannya, kata Syahrul STQ Tingkat Kepri akan lebih sengit lagi. Maka untuk mempertahankan prestasi ini harus menjadi tanggungjawab bersama. Sehingga kafilah dan pemerintah bisa saling mendukung dan memotivasi karena mempertahankan lebih sulit ketimbang meraihnya.

“Tanjungpinang merupakan satu-satunya daerah yang melaksanakan MTQ tingkat kelurahan. Jadi keunggulan inilah yang harus kita tingkatkan lagi agar prestasi itu dapat dipertahankan ditahun mendatang,” ungkapnya. (ary)

Update