Sabtu, 20 April 2024

23 Calon Akpol Lulus Tes Psikologis

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 23 calon siswa Akpol lulus hasil tes pemeriksaan psikologi yang dilaksanakan pada Jumat (12/5) lalu. Selanjutnya akan dilaksanakan tes pemeriksaan terhadap calon siswa Bintara.

“Peserta calon siswa Akpol sebanyak 37 orang,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga, Sabtu (13/5).

Ia mengatakan 23 calon siswa Akpol tersebut terdiri dari 22 laki-laki dan satu orang perempuan. Dan mereka nantinya berhak mengikuti tes selanjutnya. “Tes selanjutnya akan dikabarkan ke para calon siswa ini. Sebab masih ada tes psikologi untuk Bintara dan Tamtama,” tutur Erlangga.

Pada tes psikologis ini, Erlangga mengatakan bahwa semuanya berjalan sesuai prosedur. Pihak kepolisian melibatkan pihak luar sebagai pemantau, agar tes berjalan tanpa ada kecurangan.

Untuk pengawas internal kepolisian, kata dia, berasal dari Itwasda dan Bidpropam Polda Kepri yang berjumlah 21 orang. Sementara internal terdiri dari pihak Ombusmand Provinsi Kepri, LSM FKPM Kepri, Himpunan Psikologi (HIMPSI) Provinsi Kepri, dan ITE Universitas Batam Kepri.

Erlangga mengatakan bahwa tes untuk Bintara dijadwalkan pada Sabtu (13/5). Dan hasilnya akan disampaikan pada Minggu (14/5). Tes calon siswa Bintara ini diikuti sebanyak 767 orang terdiri dari 660 pria dan 107 wanita.

“Para peserta ujian ini, mendaftar dari berbagi Polresta dan Polres di Kepri,” tuturnya.

Sebelumnya Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol Rakhmad Setiadi mengatakan penerimaan ini sesuai dengan prinsip Betah (bersih transparan akuntabel dan humanis). Maka panitia dijamin tidak ada korupsi kolusi dan nepotisme selam proses penerimaan.

“Jika ada dugaan kecurangan lapor akan saja Tim Saber Pungli Polda Kepri dan Bidpropam,” tuturnya. (ska)

Update