Sabtu, 20 April 2024

Administrasi Selesai, DD Langsung Ditransfer Rp 21 M

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya mencairkan dana desa (DD) tahap pertama 2017 yang bersumber dari APBN sebesar Rp21 miliar. Dana tersebut sudah diterima dan masuk ke kas daerah Kabupaten Karimun sejak Kamis (11/5).

Nantinya Rp 21 miliar tersebut dibagikan untuk 42 desa di Karimun. Jika semua administrasi dari masing-masing desa sudah selesai, maka dana tersebut akan segera ditransfer. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Perbendaharaan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Karimun, Hanis kepada Batam Pos, Jumat (12/5).

DD yang saat ini sudah masuk ke kas daerah, merupakan pencairan tahap pertama dari jumlah keseluruhan tahun ini sebesar Rp35.818.950.000. Berarti untuk tahap selanjutnya masih ada sisa Rp14.818.950.000. Apakah tahap selanjutnya akan dicairkan seluruh atau tidak, itu tergantung dari Kementerian Keuangan. Yang jelas, pihaknya hanya sebagai pelaporan saja.

Sebelumnya DD untuk 42 desa yang ada di Kabupaten Karimun belum bisa dicairkan oleh Ditjen Perimbangan Keuangan di Kementerian Keuangan. Penyebabnya, karena ketika itu laporan penggunaan DD tahun lalu dan juga laporan pertanggungjawabannya belum lengkap. Dan, baru dua pekan lalu laporan kelengkapan administrasi penggunaan DD tahun lalu dikirimkan ke Kementerian Keuangan. (san)

Update