Anambas Peringkat Terbawah

145

batampos.co.id РDunia pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional yang sudah diumumkan pada 2 Mei silam. Dari hasil pengumuman tersebut ternyata Anambas menduduki ranking terakhir dari tujuh kecamatan yang ada di kepri ini di bawah Kabupaten Lingga yakni 46,43 dan Kabupaten Natuna yang meraih nilai rata-rata 44,66.

Anambas hanya mendapatkan nilai ujian rata-rata tingkat SLTA dengan perolehan 40,58. Nilai tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan nilai rata-rata SLTA seprovinsi Kepri yang mencapai 53,89. Apalagi dengan peraih peringkat tertinggi yakni Batam yang nilai rata-ratanya mencapai 60,02.

Namun demikian pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Anambas belum bisa berbuat banyak lantaran saat ini kewengangan pendidikan Menengah dan tinggi sudah diambil alih kewenangannya oleh pemerintah Provinsi.

“Kita akui memang Anambas menduduki peringkat paling bawah,” ungkap Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas Asiah, kemarin.

Namun demikian dirinya tidak bisa berbuat banyak mengenai perbaikan prestasi anak-anak SMA yang ada di Anambas. Karena saat ini kewenangannya sudah dilimpahkan kepada pemerintahan provinsi.

“Kami tidak bisa berbuat banyak mengenai hal ini karena sekarang ini kewenangannya sudah berada di pemerintahan provinsi, yang menjadi kewenangan daerah sekarang dari SLTP ke bawah,” ungkapnya lagi.

Seperti diketahui jika Anambas sebagai kabupaten termuda di Kepri ini belum memiliki peserta didik yang paling sedikit yakni 568 siswa saja untuk tingkat SLTA (SMA, MA, SMK). Sangat jauh jika dibandingkan dengan Batam yang mencapai 10 ribuan. (sya)

Respon Anda?

komentar