Jumat, 29 Maret 2024

Disdagprin Alokasikan Rp 469 Juta

Berita Terkait

Jurmadi Esram. foto:rpg

batampos.co.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kota Tanjungpinang mengalokasikan dana sebesar Rp 469 juta untuk menggelar operasi pasar murah di bulan suci Ramadan. Dana yang bersumber dari APBD 2017 itu akan dibelikan 42 ribu item barang kebutuhan pokok atau sembako bagi 7 ribu warga di empat kecamatan.

“Proyek pasar murah menjelang lebaran ini sudah dilelang. Bahkan kontraktor pemenangnya sudah ada, namun kami belum mendapatkan surat hasil pelelangannya. Insyaallah pekan depanlah,” ujar Kepala Disdagprin Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram ketika dikonfirmasi, Jumat (12/5).

Meskipun kontraktor pemenang lelang belum dapat diketahuinya, kata Juramadi jadwal pelaksanaan proyek pasar murah itu akan dilakukan pekan kedua bulan suci ramadan atau dua pekan menjelang lebaran. Sedangkan untuk lokasinya akan dilaksanakan didelapan titik dalam empat kecamatan.

Masing-masing kecamatan, lanjut Juramadi akan didirikan dua pusat pasar murah tersebut. Mulai dari Kecamatan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang Kota, Bukit Bestari dan Kecamatan Tanjungpinang Timur. Sedangkan lamanya operasi pasar itu akan dilakukan selama sepekan.

“Jadi dalam 42 ribu item barang itu akan dikemas kedalam 7 ribu paket. Sehingga kapasitas yang disediakan untuk pembelinya hanya 7 ribu orang saja. Satu orang hanya satu paket,” bebernya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Disdagprin Kota Tanjungpinang, Desi mengaatakan 7 ribu paket sembako murah itu berisikan 42 ribu item barang. Masing-masing paket akan berisikan enam item barang.

“Satu paket berisikan gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, sirup, susu kental manis kemasan kaleng, dan telur ayam,” jelasnya.

7 ribu paket sembako itu, kata Desi akan dijual murah meriah kepada masyarakat. Kisaran harga paket sembako murah dengan harga pasaran akan berbanding jauh sekitaran Rp 30-60 ribu perpaketnya.

Sedangkan untuk lokasi penjualannya, sambung Desi dilaksanakan di delapan titik dalam empat kecamatan. Masing-masing kecamatan akan didirikan dua pasar murah dengan kuota 10.500 item barang atau 800-1000 paket sembako.

“Jadi semua kecamatan akan mendapat bagian sembako murah. Agar tidak menumpuk pembelinya kami akan gelar didua titik setiap kecamatan selama sepekan. Dari pekan kedua sampai pekan ketiga ramadan,” pungkasnya. (ary)

Update