Sabtu, 20 April 2024

Kesenian Mendu Tak Bisa Tampil

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelaksanaan Festival Padang Melang (FPM) dinilai tidak matang. Pada saat pembukaan acara yang dilakukan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, yang dihadiri sejumlah pejabat mulai dari Pemerintah Provinsi Kepri hingga ketingkat Sekretaris Wantimpres sempat mengalami kendala teknis.

Dalam acara tersebut juga membuat sejumlah pihak kecewa seperti kelompok kesenian budaya khas daerah yakni Mendu. Kelompok mendu tersebut sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan untuk tampil pada acara pembukaan, namun kelompok itu tidak ditampilkan.

Muhammad, salah seorang anggota kelompok kesenian budaya daerah permainan Mendu mengatakan, mestinya panitia harus melakukan koordinasi dengan baik, sebab persiapan selama ini yang mereka lakukan cukup intens dan menyita waktu dan pemikiran yang ekstra. Namun akhirnya tak ditampilkan

“Kami sangat kecewa, mestinya kalau memang tidak ditampilkan pada malam itu, kami tidak akan repot mempersiapkan segala persiapan yang dibutuhkan oleh kelompok,” katanya.

Persiapan dalam menampilkan kesenian itu tidakh mudah, meraka harus mendatangkan sejumlah alat kesenian dan dibutuhkan tenaga pemain sebanyak 25 orang dan belum kebutuhan lainnya lagi. “Hingga sekarang saya dan kelompok belum tahu apakah ada perubahan jadwal, namun beberapa pemain mendu tersebut sudah tidak bersedia ikut serta,” ujarnya.

Bukan hanya kelompok kesenian Mendu yang merasa kecewa, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami hal yang sama. Salah seorang anggota DPRD Firman Edy, mengatakan, pihaknya ketika sudah tiba di Kecamatan Jemaja bersama keluarga tidak diberi penginapan yang selayaknya. “Tidak perlu mewah tapi yang selayaknya,” ungkapnya.

Ia menceritakan, ketika tiba di pelabuhan Jemaja, mereka dibawa ke rumah sewa milik warga yang baru selesai dibangun, disana sinyal tidak ada dan kebutuhan lain sangat minim.

Dalam hal ini ia menilai masih kurang koordinasi dan keseriusan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. “Ke depannya, saya berharap pihak penyelenggara dapat mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan oleh sejumlah tamu dan wisatawan yang membutuhkan,” tutupnya. (sya)

Update