Kamis, 25 April 2024

Gaji Ratusan Karyawan Perusda Belum Dibayar

Berita Terkait

Wakil Bupati Natu Ngesti Yuni Suprapti membawas persoalan perusda bersama DPRD, Kamis (12/5). Aulia Rahman/batampos.

batampos.co.id – Kondisi keuangan Perusahaan Daerah sejak tahun 2016 lalu yang terseok-seok tidak hanya merumahkan ratusan karyawan. Namun hingga saat ini Perusda belum memenuhi kewajiban membayarkan pasangon karyawan yang dirumahkan.

Pelaksanan Direktur Utama (Dirut) Perusda Natuna Ilham Kauli mengatakan, persoalan Perusda dalam kondisi keuangan yang sudah kolaps masih besar. Tidak hanya membenah manajemen yang tidak sehat. Namun piutang pasangan karyawan yang cukup besar belum dilunasi.

“Ada ratusan karyawan yang di PHK, karena Perusahaan sudah tidak mampu lagi menggaji. Sejak program subsidi listrik yang dikelola Perusda dicabut. Memang langkah mengurangi jumlah karyawan sangat berat, tetapi sangat penting. Mereka juga tidak dibayarkan gaji,” kata Ilham kemarin.

Ilham mengatakan, tidak hanya pasangan karyawan yang belum dilunasi. Namun sisa gaji mereka sebelum di PHK juga belum dibayarkan Perusahaan. Bahkan saat ini pun Direksi dan karyawan Perusda belum diberikan gaji.

“Pesangon karyawan ada miliaran yang harus dilunasi. Dan itu tanggung jawab perusahaan. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, tetapi tidak bisa dibebankan dari APBD,” kata Ilham.

Menurut Ilham, salah satu solusi melunasi hutang pesangon karyawan adalah melalui penjualan aset Perusda. Mudah-mudahan dengan ditunjuk Dirut defenitif nanti, dapat membuat kebijakan yang tepat dan trobosan menyehatkan kembali Perusda yang sudah kolaps.

“Persoalannya, aset produktif sekarang hanya pasar yang dikelola Perusda. Punya kapal tangkap tapi belum berdayakan,” ujar Ilham.(arn)

Update