Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Siapkan Anggaran Rp32 Miliar

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Islamic Center di Kundur, beberapa waktu lalu.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun tahun ini menyiapkan anggaran puluhan miliar, baik yang bersumber dari APBN dan APBD. Sebagian besar anggaran yang disiapkan tersebut untuk membangun jalan aspal baru, peningjkatan jalan lama sampai dengan membangun Islamic Center di Kundur.

”Tahun ini, memang ada proyek-proyek startegis yang dianggarkan menggunakan APBD dan APBN, khususnya dari dana alokasi khusus (DAK). Baik itu di ibukota Kabupaten Karimun atau di luar yang besarannya Rp 32 miliar,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karimun, Zulfan kepada Batam Pos, Sabtu (13/5).

Untuk tahun ini, untuk membangun jalan aspal baru ada di dua daerah. Yakni, di Kecamatan Moro disiapkan anggaran Rp18 miliar. Kemudian, juga di Kecamatan Tebing. Tepatnya di jalan masuk menuju ke Markas Brimob Kompi 4 Den A Pelopor Polda Kepri yang terletak di Teluk Lekop yang panjangnya sekitar 800 meter dengan anggaran Rp4 miliar. Termasuk juga lanjutan peningkatan Jalan Poros sebelagh kiri dabn kanan jalan sepanjang 1 km sebesar Rp10 miliar.

‘Untuk pembangunan Islamic Center dilakukan dengan menggunakan sistim tahun jamak. Untuk tahun ini dianggarkan Rp4 miliar. Diperkirakan, dalam dua tahun Insya Allah bisa selesai seluruhnya,” papar Zulfan.

Disingung tentang pembangunan jalan aspal baru untuk Kecamatan Belat dan Ungar, Zulfan menyebutkan, memang di dua kecamatan tersebut belum mempunyai jalan aspal.

”Tahun ini belum dialokasikan anggaran untuk kedua kecamatan tersebut. Kemungkinan pada tahun mendatang baru bisa dianggarkan. Yang terpenting, ketika pemerintah akan membangun jalan aspal baru ini harus ada kerja sama dari seluruh masyarakat,” jelas Zulfan. (san)

Update