Jalan Marina City Bersih dari Bangunan Liar

Ilustrasi

batampos.co.id – Jalan Marina City kini sudah bersih dari bangunan dan kios liar. Penertiban yang gencar dilakukan tim Terpadu kota Batam selama ini membuahkan hasil yang baik. Selain dibongkar paksa, pemilik lapak bangunan ataupun kios liar yang dibangun secara permanen di sepanjang jalan menuju kawasan wisata terpadu Marina itu juga bersedia bongkar sendiri.

Pantauan di lapangan sepanjang jalanan tersebut terlihat berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Bangunan liar mulai dari simpang Polsek Batuaji hingga samping perumahan Marina Kota Mas sudah ditertibkan oleh tim terpadu belum lama ini. Jalan terlihat lapang.

Begitu juga dengan lapak kios liar lainnya depan perumahan Merlion yang selama ini berdiri berjejer persis dipinggir jalan sudah bersih. Pemilik kios sudah membongkar sendiri bangunan semi permanen yang dipergunakan sebagai tempat jualan mereka selama ini. Lokasi tersebut sebelumnya ramai dengan pedagang yang menjajahkan berbagai macam barang kebutuhan pokok hingga usaha jasa lainnya.

Para pedagang rela meninggalkan lokasi usahanya murni untuk mendukung wacana pemerintah untuk melebarkan jalur jalan tersebut. “Pemerintah yang suruh kami bongkar, katanya jalan ini mau dilebarkan,” ujar Saver, seorang pedagang yang sebelumnya menempati lahan di row jalan itu, Senin (15/5)

Warga yang telah meninggalkan lokasi usaha mereka itupun berharap agar pemerintah secepatnya merealisasikan wacana tersebut, agar jalur jalan menuju pemukiman warga dan kawasan wisata terpadu Marina itu secepatnya dibaguskan. “Jalan ini juga sudah banyak yang rusak. Jadi kalau sudah ditertibkan seperti ini harus segera direalisasikan,” ujar Romi, pedagang lainnya.

Begitu juga dengan warga yang menempati ruli pinggir jalan di simpang Polsek Batuaji. Mereka berharap agar penertiban bangunan liar oleh tim Terpadu sebelumnya tidak disia-siakan. Pemerintah harus secepatnya mewujudkan rencana pelebaran jalan tersebut dan jalan rusak yang berjejer di sepanjang jalan tersebut juga secepatnya diperbaiki.”Karena sudah parah kondisi kerusakan jalan di sini,” ujar Ridho, seorang warga.

Harapan warga itu cukup beralasan. Jalan raya Marina City saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Selain sempit karena hanya satu jalur, jalan tersebut banyak yang rusak. Pantauan di lapangan ada empat titik kerusakan jalan yang cukup parah. Kerusakan jalan mulai terlihat dari simpang perumahan Permata Laguna, Simpang Perumahan Jupiter depan Perumahan Marina Kota Masa dan beberapa titik lainnya di daerah kawasan wisata terpadu Marina.

Camat Batuaji Fridkalter mengakui jika jalan tersebut sudah bersih dari bangunan liar. Itu bertujuan untuk mendukung wacana pemerintah provinsi Kepri untuk melebarkan jalur jalan tersebut.

“Itu wacana dari Pemprov. Memang belum mulai pengerjaanya tapi kan harus dibersihkan dulu (dari bangunan liar) agar nanti saat proyek berjalan tidak terhambat,” ujar Fridkalter.

Kedepannya Fridkalter berharap agar warga tak lagi menempati row jalan itu baik sebagai tempat tinggal ataupun tempat usaha. “Ini untuk kepentingan bersama jadi kita semua wajib mendukung program pemerintah,” imbau Fridkalter. (eja)

Respon Anda?

komentar