Selasa, 19 Maret 2024

Pemprov Kepri Belum Bereskan Temuan BPK

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Arif Fadilah yang merupakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri mengklaim temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pertanggungjawaban (LHP) APBD Tahun Anggaran (TA) 2015 lalu sudah dibereskan.

“LHP 2016 belum kita terima, sehingga belum tahu catatan apa saja yang diberikan BPK terhadap penyelenggaran keuangan Pemprov Kepri,” ujar Sekda Arif menjawab pertanyaan media di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (15/5)

Menurut Arif, mengenai LHP TA 2015, dirinya sudah menugaskan Inspektorat Provinsi Kepri untuk menindaklajuti temuan BPK ke masing-masing OPD terkait. Diakuinya, dirinya belum menerima laporan dari hasil tindaklanjut dari Inspektorat Kepri.

“Mana yang sudah dan mana yang belum, saya belum terima. Tetapi yang pasti sudah kita tindaklanjuti sesuai permintaan BPK,” tegas Arif Fadilah.

Terpisah, Kepala Inspektorat Provinsi Kepri, Mirza Bahtiar mengakui masih adanya sebagian rekomendasi BPK dalam LHP TA 2015 yang belum dituntaskan. Ditegaskan Mirza, untuk perbaikan tersebut masih butuh proses. Bahkan persoalan ini sudah sudah dikonsultasikan ke BPK.

“Masih dalam proses perbaikan. Kita tetap sedaya upaya melaksanakan rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh BPK,” ucap Mirza singkat.

Seperti diketahui, Anggota BPK, Harry Azhar Aziz mengatakan ada sejumlah temuan BPK atas LHP TA 2015 yang belum diselesaikan Pemerintah Daerah. Baik itu persoalan perjalanan dinas, bantuan sosial maupun iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

“Kita sudah memberikan waktu bagi daerah untuk memperbaiki. Kenyataanya masih ada yang belum tuntas. Padahal LHP TA 2016 akan segera dibagikan ke DPRD Kepri,” ujar Harry Azhar Aziz di Batam belum lama ini.(jpg)

Update