Sektor Pariwisata Bintan Masih Stabil

254
Wisatawan asing menikmati pantai di Kawasan Nirwana, Lagoi. Foto: Yuliana Dewi/batampos.

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengakui lesunya pertumbuhan ekonomi yang terjadi saat ini, juga berdampak terhadap perekonomian di Kabupaten Bintan. Namun hal tersebut tidak terlalu berdampak signifikan.

Apalagi penurunan terhadap sektor pariwisata di Bintan, mulai dari jumlah kunjungan wisatawan, hingga faktor pendukung untuk pendapatan sektor wisata seperti pajak hotel dan lainnya.

“Ya, sedikit banyaknya pasti ada dampaknya. Namun alhamdulilah untuk kunjungan pariwisata di Bintan masih stabil. Artinya penurunan yang terjadi tidak begitu drastis,” ungkap Apri di Kantor Bupati, Senin (15/5).

Menurutnya kondisi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bintan, saat ini masih berada di atas rata-rata dibandingkan dengan daerah lainnya di Kepri.

“Jika dilihat pertumbuhan ekonomi di Bintan, masih berada diatas. Dengan presentasi 5,30 persen. Hasil ini, tentunya akan terus kami tingkatkan lagi kedepannya,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut lanjut Apri, pihaknya akan melakukan terobosan untuk terus mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan rutin menggelar event-event berskala Internasional untuk menarik kunjungan wisatawan sebanyak-banyaknya.

Dimana dengan adanya event tersebut, dapat meningkatkan pendapatan di berbagai sektor wisata, baik dari segi pajak hotel, restaurant, dan lainnya.

“Kami akan mengemasnya dalam suatu kegiatan bertaraf Internasional, seperti ajang Tour de Bintan, Triathlon, Iron Man, dan masih banyak lagi. Ini upaya yang terus akan kami dorong untuk meningkatkan ekonomi di Bintan,” terangnya.

Politisi partai Demokrat ini mengakui untuk serapan anggaran berjalan tahun ini, seperti dari pajak restaurant proyeksinya sendiri tetap mengalami penurunan, tapi tidak begitu signifikan.

“Kami yakin kondisi ekonomi yang saat ini sedang stabil, kemungkinan besar kedepannya akan meningkat. Sebab tak bisa dipungkiri hasil capaian PAD Bintan tahun 2016, lebih didominasi dari sektor wisata, yakni mencapai 60 persen, dari total PAD sebesar Rp 170 miliar lebih,” tuturnya.

“Untuk itu, kami akan terus mendorong kemajuan pariwisata di Bintan. Terutama memperkanalkan apa saja yang menjadi potensi wisata yang dimiliki Bintan, kepada masyarakat,” pungkasnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar