Festronik Lebih Efisien dan Transparan

152

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) gelar sosialisasi pelaksanaan manifest elektronik (festronik) dan evaluasi pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di lantai 4 kantor walikota Batam, Selasa (16/5).

Kepala DLH Batam Dendi Purnomo, acar ini terselenggara seiring program pemerintah pusat yang mewajibkan penggunaan festronik.  Cara berbasis online ini,  memudahkan  pihak  kementerian  lingkungan hidup  dan   kehutanan, pengirim  limbah, pengangkut  limbah, serta penerima limbah dalam mengelola data anifes elektronik limbah B3.

“Sementara ini kita kumpulkan data harian manual. Yang elektronik ini kelebihannya lebih cepat,” kata Dendi, Selasa (16/5).

Menurutnya, pengelolaan limbah di Batam pertahun cukup tinggi, yakni 94 ribu pertahun. Hal inilah yang dipandang perlu  manifes yang cepat. “Kalau ada daerah lain dulu sebelum festronik, dapat laporan B3 per tiga bulan. Kalau di Batam karean pakai berita acara laporannya harian, sekarang lebih efisien lagi,” paparnya.

Dalam mengisi dokumen secara elektronik, penghasil, pengirim juga pengangkut limbah dapat menginput secara sendiri, pemerintah hanya memantau. “Sosialisasi ini tahap pertama, kita undang 50 orang,” ucapnya.

Ke depan, sosialisasi akan berjalan terus hingga empat kali setahun. Pasalny, idealnya sosialisasi tersebuit digelar pertiga bulan.

“Tahap kedua habis puasa nanti. Pengahsil B3 di Batam ini banyak, ada  724 penghasil B3,” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar