Pemkab Bintan Jalin Komitmen dengan KPK

batampos.co.id – Pemkab Bintan, menjalin komitmen bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menandatangani komitmen untuk mendukung program pemberantasan korupsi terintegrasi di Provinsi Kepri.

Penandatanganan itu dilakukan Bupati Bintan, Apri Sujadi bersamaan dengan tujuh kepala daerah di Provinsi Kepri, dalam rapat koordinasi dan supervisi pencegahan serta pemberantasan korupsi di Aula kantor Gubernur Kepri, Selasa (16/5).

Wakil Ketua KPK, Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan mengatakan pencegahan penindakan korupsi terintegrasi ini merupakan strategi yang dibuat KPK dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi yang menjadi tujuan dari KPK terhadap komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Diharapkan komitmen ini hendaknya bisa memberikan daya guna, untuk pencegahan tindak korupsi. Khususnya di pemerintahan,” ungkapnya.

Basaria menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan tugas KPK, dimana dalam Pasal 6 Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai tugas diantaranya, berkoordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, supervisi terhadap instansi yang berwenang dalam melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi, melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi, serta melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan Pemkab Bintan akan berkomitmen untuk mewujudkan sejumlah poin dalam rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi tersebut. Dimana sejumlah poin yang perlu diwujudkan itu bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang Clean and Good Governance.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dilakukan untuk membangun komitmen bersama dalam usaha mencegah pemberantasan korupsi. Kami akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan di institusi masing-masing,” imbuhnya.

Dalam acara penandatanganan ini turut dihadiri Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua DPRD Kabupaten Bintan Lamen Sarihi, dan Plt Sekda Kab Bintan Adi Prihantara.(cr20)

Respon Anda?

komentar