Peserta SBMPTN di Kepri Meningkat

161

 

Rektor meninjau Pelaksanaan Computer Based Test (CBT) SBMPTN 2017 di Senggarang f Humas UMRAH Tanjungpinang.

batampos.co.id – Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Provinsi Kepulauan Riau meningkat 22,76 persen dibandingkan tahun lalu. Jika pada 2016, jumlah peserta SBMPTN hanya 2.430 orang, pada tahun ini mencapai 2.983 peserta.

Kota Tanjungpinang dan Kota Batam menjadi lokasi pelaksanaan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak secara nasional di Indonesia, Selasa (16/5) kemarin.

“Peserta tahun ini meningkat pesat, terutama untuk lokasi pelaksanaan Ujian Paper Based Test di Sub Panitia Lokal Batam. Dibanding tahun lalu jumlah pendaftar yang melaksanakan ujian di sub panitia lokal Batam mencapai 1.155, tahun ini jumlahnya meningkat mencapai 1.540” ujar Budi

Primulia, Koordinator Humas dan Informasi Panitia Lokal 22 SBMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Sedangkan untuk Tanjungpinang sendiri, lanjut Budi, mencapai 1.348 peserta. Dibanding tahun lalu yang berjumlah 1.275 peserta. Untuk kelompok ujian terbagi tiga jenis, yaitu bidang saintek, soshum, dan bidang campuran.

“Lokasi yang digunakan adalah sebagai lokasi tempat ujian adalah beberapa SMA di Batam dan Tanjungpinang, dan Kampus UMRAH. Khusus kampus UMRAH sendiri, adalah lokasi Computer Based Test (CBT) yang tahun ini adalah kali pertama UMRAH turut serta, dan menggunakan Laboratorium komputer milik Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Teknik,” jelas staf bidang Akademik BAKK UMRAH ini.

Khusus CBT ini hanya digunakan 95 peserta, dikarenakan keterbatasan ketersediaan peranti dan infrastruktur yang ada. “Kalau hasil seleksi akan diumumkan pada 13 Juni 2017, mulai pkl 17:00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id,” terang Budi.

Sedangkan untuk Jalur Ujian Mandiri, tahun ini akan dilaksanakan serentak oleh Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat, dimana UMRAH juga termasuk di dalamnya. Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN – BARAT) 2017 dapat diakses melalui Pendaftaran online dengan alamat www.pendaftaran.smmptnbarat.id mulai tanggal 1 sampai 30 Juni 2017. Kemudian Ujian Tertulis dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juli 2017.

Pengumuman Kelulusan akan diumumkan tanggal 18 Juli 2017 melalui laman www.smmptnbarat.id/pengumuman. (aya)

Respon Anda?

komentar