Anggota Dewan Cari Solusi Pengembangan Sagu

Seorang pekerja mengupas tual sagu di salah satu usaha sagu di Desa Panggak Laut, Lingga. F. dok batampos

batampos.co.id – Sepuluh Anggota DPRD Kabupaten Lingga mengunjungi Kabupaten Meranti guna menjajaki industri pengolahan sagu di sana hari ini, Kamis (18/5).

Kunjungan kerja (Kunker) DPRD itu juga bertujuan untuk memanfaatkan serta meningkatkan pendapatan daerah dari sumberdaya tanaman sagu yang juga terdapat di Bunda Tanah Melayu.
“Saat ini Kabupaten Lingga khususnya di Daik, ada 3000 hektare kebun sagu yang dinilai efektif. Bahkan ada penambahan penanaman sagu yang baru,” ujar ketua rombongan Kunker DPRD Kabupaten Lingga, Abdul Gani Atan Leman ketika ditemui Batam Pos di pelabuhan Jago, Rabu (17/5) pagi, saat hendak berangkat.
Gani menjelaskan, sagu hasil olahan yang ada di Kabupaten Lingga saat ini hanya bersekala kecil, sehingga belum mampu menambah pendapatan masyarakat petani sagu. Selain itu, belum adanya produksi berkafasitas besar juga mengakibatkan petani mengalami kendala penjualan sagu.
Karenanya, Gani berpendapat kendala yang dialami petani sagu di Kabupaten Lingga mulai dari hulu hingga hilir dan mesti disikapi untuk dicarikan solusi. Hal ini tentu bukan hanya membantu petani sagu, namun sekaligus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Sepuluh anggota Dewan yang berangkat nantinya akan menjajaki pihak ketiga yakni investor yang saat ini telah beroperasi mengolah sagu di Meranti. Lebih lanjut Gani menceritakan, sebelum beroperasi di Meranti Investor pengolahan sagu tersebut telah melirik Kabupaten Lingga sebagai tempat menanam investasi karena hasil sagu Lingga terkenal dengan mutu terbaik. Namun Gani tidak mengetahui kendala penyebab gagalnya mereka beroperasi di Lingga.
“Sebenarnya investor yang beroperasi di Meranti itu awalnya hendak menanamkan investasi di Lingga. Tapi pada pemerintahan sebelumnya gagal, tak tau apa masalahnya,” ujar Gani.
Gani mengharapkan, dalam kunjungan kerja ini, seluruh anggota dewan yang berangkat ke Meranti dapat solusi dan jawaban agar potensi sagu di Lingga dapat dikembangkan. Dia juga menginginkan kunjungan tersebut dapat menarik investor menanamkan modal di Lingga pada usaha pengolahan sagu.
“Siapa tau investor yang ada di Meranti dan sudah beroperasi itu mau buka perusahaan pengolahan sagu yang baru di Lingga,” ujar Gani.
Kunker DPRD ke Meranti kali ini di bawah koordinator Kamarudin Ali dan anggota dewan yang berangkat lainnya yakni : Mudasir Jahid, Agusmarli, Ahmad Nasirudin, Nurdin, Salmizi, Zakaria, Khairul Anwar, Pokyong Kadir dan Abdul Gani Atan Leman sebagai ketua rombongan. (wsa)

Respon Anda?

komentar