BPJS Berikan Kemudahan Pendaftaran JKN-KIS 

batampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.
Salah satunya dengan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada. Diantaranya, melalui mekanisme pendaftaran telepon, yakni lewat BPJS kesehatan Care Center 1500-400.
“Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan. Cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta bisa mendaftar lewat via telepon atau Virtual Service,” jelas Kepala BPJS Kesehatan wilayah Kepri, Lenny Marlina Tiurma di Bintan, Rabu (17/5).
Tak hanya itu, lanjutnya untuk mengurus kartu BPJS juga akan semakin dipermudah tanpa harus repot-repot datang ke kantor BPJS, karena kini masyarakat cukup menitipkan berkas permohonan baik di kelurahan maupun kantor desa setempat.
Nanti petugas dari Kantor BPJS wilayah bakal menjemput berkas warga yang dititipkan disetiap kantor desa maupun kelurahan untuk diurus. Masyarakat yang mengajukan permohonan tak perlu lagi mengambil kartu BPJS yang sudah siap dicetak. Karena badan yang bekerja untuk pemerintah ini bakal mengirim kartu BPJS ke alamat pemohon menggunakan jasa pengiriman PT Pos
Indonesia.
“Jadi nanti ada dropbox (Sejenis Kotak) yang akan kami letak di kantor desa, kelurahan maupun kecamatan. Setiap satu minggu sekali akan dijemput, setelah itu kita akan buatkan virtual account, baru 14 hari setelah itu masyarakat bisa membayar, dan kartu BPJS akan kami kirim ke alamat rumah warga tersebut,” terangnya.
Dengan menggandeng pihak pemerintahan di daerah kata Lenny, pihaknya berharap seluruh masyarakat khususnya di Bintan bisa terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.
Ini dilakukan guna percepatan untuk memenuhi target Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dimana pada 1 Januari 2019 mendatang, seluruh masyarakat Indonesia wajib mengikuti program BPJS Kesehatan.
Tak hanya itu, lanjutnya BPJS juga bekerjasama dengan pihak klinik, dokter praktek, maupun pihak bank BNI untuk lebih menambah kemudahan bagi yang ingin mengurus, namun terkendala dengan jarak yang jauh.
“Bisa juga menghubungi call center 1500400, layanan 24 jam untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Semua kemudahan yang kita berikan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar