Pencet Tombol Mobil Incaran Hadir di Depan Mata, hanya di Singapura

Beli mobil mewah di Singapura kini semudah beli makanan atau minuman (mamin) ringan. Tinggal pencet tombol, dua menit kemudian mobil incaran sudah di depan mata. Ya, saat ini di negeri jiran (tetangga) itu berdiri vending machine alias mesin penjual otomatis tertinggi dan terbesar di dunia. Tapi bukan menjual mamin, melainkan mobil-mobil mewah seperti Bentley, Ferrari, dan Lamborghini.

Mesin penjual mobil otomatis itu sejatinya adalah showroom milik Autobahn Motors. Showroom dengan desain futuristik tersebut dibuka Desember tahun lalu. Bangunan setinggi 15 lantai itu dikelilingi kaca tembus pandang.

Ada 60 mobil dari berbagai merek kenamaan yang dipajang. Saat calon pembeli datang, mereka cukup berada di lantai dasar. Sudah ada layar sentuh dengan gambar-gambar mobil di showroom tersebut yang disediakan untuk konsumen. Mereka tinggal memencet gambar mobil mana yang ingin dilihat atau dicoba.

General Manager Autobahn Motors Gary Hong mengungkapkan, awalnya showroom itu dibuat agar penggunaan lahan lebih efisien. Selain itu, supaya lebih menarik dibandingkan milik kompetitor.

”Kami membutuhkan tempat yang bisa menyimpan banyak mobil. Kami juga ingin sesuatu yang kreatif dan inovatif,” ujar Hong.

Ide itu muncul saat Hong pergi bersama anaknya ke toko mainan. Di sana dia melihat displai mobil mainan yang dipajang bertumpuk.

”Kami memutuskan membangun sesuatu yang berbeda,” tambahnya.

Selain mobil mewah, Autobhan Motors juga punya koleksi klasik seperti Morgan Plus 4 keluaran 1955.

Sejatinya, gedung seperti milik Autobhan Motors bukan satu-satunya di dunia. Bangunan serupa juga ada di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Situs jual beli mobil bekas online di AS, yaitu Carvana memiliki beberapa mesin penjual mobil otomatis di beberapa kota. Namun tak ada yang setinggi milik Autobahn Motors. (Reuters/Fortune/sha/oki/jpgroup)

Respon Anda?

komentar