Puskesmas Kundur Barat Kekurangan Dokter Umum

200

batampos.co.id – Tingginya angka pasien yang berobat di Puskesmas Kundur Barat, membuat petugas pelayanan kesehatan kewalahan. Pasien yang datang rata-rata 50 sampai 70 orang per hari dengan dilayani dua dokter umum, dan satu dokter gigi.

Di sisi lain, Puskesmas Kundur Barat bakal menuju akreditas serta manajemen berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Untuk meningkatkan pelayanan, Puskesmas Kundur Barat harus menambah tiga dokter umum lagi.

“Selama ini, Puskesmas Kundur Barat hanya ada dua dokter umum, dan satu dokter gigi yang melayani pasien yang jumlahnya lumayan banyak. Untuk melayani banyaknya pasien idealnya harus ada lima orang dokter umum, sementara satu dokter gigi sudah cukup,” ungkap Kepala Puskesmas Kundur Barat, Syarial, Rabu (17/5) kemarin.

Penambahan tiga dokter umum tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Mengingat, Puskesmas Kundur Barat menuju akreditasi serta pelayanan badan layanan umum daerah (BLUD). Dengan demikin dituntut untuk kesiapan tenaga medis juga meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Kita harapkan dengan BLUD serta akreditasi nantinya akan ada penambahan dokter umum,” harapnya.

Syarial juga mengatakan jika tahun depan akan dibangun gedung ruang rawat inap guna melayani pasien rawar inap. Karena selama ini jika ada pasien rawat inap harus dibawa ke Pusekesmas Tanjungbatu yang memakan jarak tempuh lumayan jauh. Dengan adanya pelayanan ruang rawat inap nantinya masyarakat Kundur Barat tidak perlu lagi ke Tanjungbatu. (ims)

Respon Anda?

komentar